13 April 2021

Pemprov Kalsel Terus Bersiap Hadapi Karhutla

2 min read

Suasana Rakor Sinergitas Hadapi Karhutla.

BANJARBARU – Peralihan musim, dari musim penghujan ke musim kemarau atau panas, akan segera menyapa hampir di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.
Sehingga untuk menghadapi ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar
Rapat koordinasi guna meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-kalimantan Selatan, TNI-Polri, pelaku usaha serta masyarakat, Senin (29/4), di Gedung Idham Chalid Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Rapat Koordinasi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Abdul Haris Makkie.

Dalam arahan tertulis Gubernur, yang dibacakan Sekretaris Daerah disampaikan akan pentingnya rapat koordinasi ini.
“Guna meningkatkan komitmen bersama semua pihak baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, TNI-Polri, masyarakat serta pelaku usaha di Kalimantan Selatan. Sehingga diharapkan semua pihak dapat memahami tugas dan fungsi masing-masing demi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini. Terlebih dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan ini sangat luas. Kebakaran hutan dan lahan ini akan berdampak secara luas bagi kehidupan, baik dampak terhadap ekonomi, kesehatan dan juga lingkungan,” ucapnya.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, berdasarkan instruksi presiden Nomor 11 tahun 2015 mengenai kebakaran hutan dan lahan.
“Diharapkan adanya tata kelola hutan yang baik dan juga melibatkan masyarakat untuk
Pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta penegakan hukum yang tegas bagi pelaku pembakaran.

Sementara itu kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyudin mengatakan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat.
“Terlindungi nya masyarakat dan sektor lainnya terhadap dampak dari kebakaran hutan dan lahan ini menjadi target utama, dan diharapkan dengan adanya sinergitas yang baik, maka dapat mengurangi adanya kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Dalam kegiatan rapat koordinasi ini ada beberapa materi yang disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Danrem 101 Antasari, Polda Kalimantan Selatan, serta dari BMKG. (ASC/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.