13 April 2021

Kementerian PUPR : Pembangunan Waduk Riam Kiwa Perlu Perencanaan Ulang

1 min read

Anggota Komisi III DPRD Kalsel, Fikri.

BANJARMASIN – Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia menyatakan pembangunan Waduk Riam Kiwa Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) perlu perencanaan ulang.

Anggota Komisi III DPRD Kalsel, Fikri mengatakan pernyataan tersebut disampaikan pihak Kementerian ketika Komisi III melakukan konsultasi, beberapa waktu lalu.
“Ternyata DED rencana pembangunan Waduk Riam Kiwa tersebut harus direvisi total karena perencanaan yang ada tidak berkesesuaian lagi dengan jaman sekarang. Karena beberapa aspek yang perlu diperhitungkan terutama terkait permasalahan teknis,” katanya.

Menurut Fikri, penyusunan DED ini harus detil supaya bisa memenuhi kebutuhan dan harapan dari masyarakat, khususnya untuk mendukung sektor pertanian di Kalsel. Jika kapasitas bendungannya kecil, maka juga distribusi air untuk pertanian akan kecil.
“Termasuk juga jika keberadaan Waduk Riam Kiwa tersebut akan menjadi multi fungsi. Tidak hanya untuk pembangunan pertanian di Kalsel, melainkan pula bisa sebagai sumber air baku bagi perusahaan air minum dan bisa menjadi tempat pembangkit listrik tenaga air,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pihak Kementerian PUPR melalui Ditjen SDA menginginkan pembangunam Waduk Riam Kiwa tersebut berdasarkan perencanaan yang matang atau lebih seksama. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.