2 Maret 2021

Banggar DPRD Kalsel Konsultasikan DAK ke Kementerian Koperasi dan UKM

1 min read

Suasana Pertemuan Banggar DPRD Kalsel dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta, Senin (29/04).

BANJARMASIN – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI di Jakarta, Senin (29/4).
“Tujuan kunjungan tersebut untuk memperoleh informasi terkait dengan mekanisme pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang akan disalurkan kepada daerah,” kata Anggota Banggar DPRD Kalsel, Fikri kepada wartawan.

Fikri mengungkapkan, seperti diketahui sektor koperasi dan UKM sering disebut sebagai soko guru perekonomian. Namun, secara realita merupakan pilar ekonomi yang jalannya paling lambat dibandingkan dengan BUMN dan BUMS. Jumlah koperasi di Indonesia meningkat setiap tahunnya, namun peningkatan ini juga diikuti dengan peningkatan koperasi yang tidak aktif.
“Oleh karena itu, pemerintah harus lebih berperan, baik dalam melakukan sosialisasi tentang pentingnya berkoperasi maupun dukungan terhadap penyaluran anggaran kepada daerah melalui DAK,” jelasnya.

Terkait dengan besaran DAK Non Fisik Peningkatan Kapasitas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah yang merupakan bantuan kepada daerah tertentu untuk mendanai pelaksanaan kegiatan yang merupakan kewenangan dan tanggung jawab daerah.

Menurut Politisi Demokrat ini, perlu mendapatkan perhatian serius dari DPRD dan Pemda.
“Sehingga informasi yang diperoleh secara langsung dari jajaran Kementerian Koperasi dan UKM terkait DAK tersebut berfungsi sebagai bahan masukan dalam penyusunan APBD pada tahun-tahun mendatang,” harapnya.

Kunjungan kerja Banggar DPRD Kalsel tersebut didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kalsel Asbullah dan Muhaimin serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.