8 Maret 2021

2019, Pemprov Kalsel Kembali Mengusulkan Pangeran Hidayatullah Menjadi Pahlawan Nasional

1 min read

Pangeran Hidayatullah (1822-1904).

BANJARBARU – Gusti Andarun merupakan Pahlawan asal Banjarmasin Kalimantan selatan yang diberi gelar Pangeran Hidayatullah, atau disebut juga Hidayatullah II.

Beliau merupakan salah seorang pemimpin Perang Banjar, dan berkat jasa-jasa beliau kepada Republik Indonesia, pada tahun 1999 pemerintah Republik Indonesia telah menganugerahkan Bintang Mahaputera Utama kepada beliau.

Sudah berkali-kali Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan Pangeran Hidayatullah menjadi Pahlawan Nasional, akan tetapi usaha tersebut selalu gagal dikarenakan kurangnya data riwayat hidup, serta perolehan jasa-jasa semasa hidup yang dinilai pemerintah pusat belum lengkap secara terperinci.

Tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali Mengusulkan  Pangeran Hidayatullah menjadi Pahlawan Nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Amin kepada sejumlah wartawan usai pembukaan Rakor dan Workshop Kelitbangan pada Senin (29/4).

Muhammad Amin menyampaikan, tahun ini Pemprov Kalsel akan mengusulkan kembali Pangeran Hidayatullah menjadi Pahlawan Nasional. “Untuk tahun ini kami akan mengusulkan kembali Pangeran Hidayatullah untuk menjadi Pahlawan Nasional, dan ini sedang digarap kajian-kajian nya untuk menambahkan bukti-bukti baru untuk mempermudah proses pengusulan menjadi Pahlawan Nasional tersebut,” ucap Amin.

Lebih lanjut Amin juga menyampaikan, alasan pengusulan kembali Pangeran Hidayatullah menjadi Pahlawan Nasional tersebut dikarenakan jasa Pangeran Hidayatullah untuk Republik Indonesia.
“Karena jasa-jasa beliau untuk Republik Indonesia patut dikenang, sehingga kami melakukan kajian-kajian kembali agar Pangeran Hidayatullah bisa mendapat gelar Pahlawan Nasional,” pungkas Amin. (TR02/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.