27 Februari 2021

Jelang Ramadhan, Kurma Mulai Banjiri Banjarmasin

1 min read

Salah satu pedagang kurma di Pasar Baru Banjarmasin.

BANJARMASIN – Menjelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah yang tinggal menghitung hari, buah kurma mulai membanjiri di beberapa pasar di kota Banjarmasin. Seperti yang terlihat di salah satu toko di kawasan Pasar Baru. Banyak sekali kurma yang dijual dalam bentuk kotakan maupun karungan. Seperti kurma Madu, kurma Mesir, kurma Madinah. Kurma ini dijual dengan berbagai macam merk.

Sang pemilik toko, H. Ipan mengatakan, saat ini pemasaran buah kurma masih biasa saja. Tidak mengalami penurunan maupun peningkatan. Menurutnya, biasanya penjualan kurma akan mengalami peningkatan menjelang awal bulan puasa. Untuk mengantisipasi permintaan yang meningkat dari pembeli, dirinya sudah menyediakan tiga kontainer kurma dalam sebulan.

“Awal bulan puasa bisanya ramai. Sedangkan pertengahan puasa, kami stop dulu menyetok. Tergantung permintaan. Jika ada kami tambah secara bertahap karena masalahnya resiko kalau dipaksakan,” katanya.

Ipan menambahkan situasi politik pelaksanaan Pemilu 2019 ini tidak terlalu berpengaruh terhadap harga kurma. Meskipun ia mengakui harga kurma tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya sekitar Rp210 ribu per kilogram menjadi Rp240 ribu per kilogram tahun ini. Namun, menurutnya kenaikan itu karena pengaruh nilai tukar dolar yang meningkat.

Ia mengungkapkan biasanya kurma Madu dan kurma Mesir yang paling banyak disukai warga Banjarmasin. Selain Kalsel, sebaran pemasarannya sampai ke provinsi Kalteng.

“Sehari bisa sampai terjual 20 sampai 100 kotak. Pernah juga stok kosong tergantung banyak ambilan di Jakarta atau Surabaya,” ungkapnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.