NewsProvinsi Kalsel

Hadapi Karhutla, Kalsel Gelar Apel Kesiapsiagaan

BANJARBARU – Untuk menghadapi Peralihan musim dari musim penghujan ke musim panas, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan melalui badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan, Jum’at (26/4) pagi, di halaman sekretariat daerah provinsi Kalimantan Selatan.

Bertindak selaku inspektur upacara pada apel yang juga memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional ini Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Turut hadir Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie
Unsur TNI-Polri, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan dan ratusan relawan barisan pemadam kebakaran.

Gubernur dalam amanatnya menyampaikan akan pentingnya apel kesiapsiagaan ini agar kesiapan semua elemen baik pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta unsur TNI-Polri dan juga masyarakat dapat bersiap, terutama untuk melakukan langkah preventif.

“Semua kita, baik pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta unsur TNI-Polri dan masyarakat diharapkan sadar akan akan pentingnya melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini sebelum terjadi, karena jika sudah terjadi, maka dampak yang ditimbulkan adalah bencana kabut asap,” ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur berharap, peralatan baru yang dimiliki oleh BPBD Kalimantan Selatan nantinya dapat digunakan secara maksimal, namun lebih dari itu, gubernur berharap alat itu tidak digunakan, dengan artian Kalimantan Selatan dapat terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan.
“Mudahan tidak digunakan, artinya kan aman, namun jika tetap terjadi kebakaran hutan dan lahan, kita sudah siap dengan peralatan yang ada,” tandasnya. (ASC/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat