5 Maret 2021

Birhasani: Harusnya Pemerintah Segera Buka Keran Impor Bawang Putih

2 min read

Kepala dinas perdagangan Kalsel saat memberikan keterangan kepada Abdi Persada FM.

BANJARBARU – Beberapa waktu terakhir ini, banyak ibu rumah tangga mengeluh, karena pengeluarannya untuk membeli kebutuhan dapur meningkat. Tidak hanya ibu rumah tangga, keluhan serupa juga datang dari para pedagang makanan jadi di Banjarmasin. Mereka harus memutar otak, untuk mencari jalan mempertahankan kualitas makanan tanpa menaikkan harga. Penyebab utama kondisi ini, adalah kenaikan harga bawang merah dan putih. Bumbu dapur vital, yang harus ada disetiap masakan sebagai penyedap rasa alami. Saat ini, harganya terbilang mahal, khususnya bawang putih yang capai 45.000 rupiah per kilogram. Faktor utamanya adalah karena kurangnya pasokan.

“Bahkan bawang putih yang ada di pasaran saat ini, sudah dalam kondisi kurang baik. Beberapa diantaranya sudah mulai terlihat berakar, itu berarti bawang putih yang dijual merupakan stok lama. Karena stok baru tidak kunjung datang,” jelas Kepala Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan Birhasani kepada Abdi Persada FM.

Masih menurut Birhasani, seharusnya pada awal tahun 2019 ini, pemerintah sudah membuka keran impor bawang putih. Karena 95 persen pasokan bawang putih, berasal dari luar negeri, dan hanya 5 persen saja yang mampu dipenuhi pasokan lokal.
“Harusnya Bulog sudah melakukan impor saat ini, sehingga minimnya pasokan dapat segera diatasi dan harga dapat berangsur normal. Mungkin karena ada unsur politis ya, sehingga keran impor masih belum dibuka sampai saat ini,’ urainya.

Meski begitu Birhasani memperkirakan, jikapun keran impor bawang putih dibuka pemerintah, namun harga tidak serta merta mengalami penurunan. Karena pedagang pasti akan mendahulukan atau menghabiskan pasokan lama dengan modal pembelian terdahulu saat kondisi harga tinggi. Setidaknya diperlukan waktu hingga sekitar 1 – 2 bulan untuk mengembalikan kondisi harga menjadi normal kembali. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.