4 Maret 2021

2020, BNNK Banjarbaru Gandeng Kelurahan Tangani Pasien Pasca Rehabilitasi

2 min read

Sekdako Banjarbaru, Said Abdullah saat wawancara bersama Kepala BNNK Banjarbaru AKBP Sugito (kanan) dan Kasi Rehabilitasi BNNK Agus Winarti (kanan).

BANJARBARU – Setiap kelurahan yang ada di kota Banjarbaru tahun 2020 dipastikan akan menyediakan petugas yang akan menangani pasien pasca rehabilitasi. Hal ini terungkap saat Rapat Koordinasi yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarbaru melalui bidang Rehabilitasi, yang bertempat di salah satu hotel di Banjarbaru, Kamis (25/4).

Secara khusus kepada sejumlah wartawan Kepala BNN Kota Banjarbaru AKBP Sugito yang didampingi Kasi Rehabilitasi Agus Winarti menyampaikan, rapat koordinasi yang dilakukan pihaknya ini merupakan langkah awal agar nantinya di tahun 2020 dapat tersedia para petugas yang ak menangani pasien pasca rehabilitasi di setiap kelurahan yang ada di kota ini.
“Rakor ini sebenarnya untuk persiapan penanganan pasien pasca rehab. Yang penanganan rehabilitasinya dilakukan di klinik rehabilitasi yang ada di kantor BNN Banjarbaru. Namun untuk tahun 2020 nanti, direncanakan penanganan pasca rehabnya akan kita lakukan di masing-masing kelurahan dengan memberdayakan agen-agen pemulihan,” jelas Sugito.

Lebih jauh Sugito juga menjelaskan, agen-agen pemulihan itu antara lain terdiri dari ASN Kelurahan, Babinkamtibmas, Babinsa, Bidan-bidan Puskesmas, Tokoh Masyarakat serta para penggiat-penggiat penyalahguna narkoba yang sudah pihaknya persiapkan.

“Dalam pelaksanaannya, nanti kita secara terpadu menangani klien yang sudah melaksanakan rehabilitasi di BNN. Jad ini bentuk dari kebersamaan kita, tanggungjawab kita dalam menangani korban-korban yang ketergantungan penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah yang juga sebagai pembicara pada Rakor kali ini menyampaikan, pemerintah kota sudah berkomitmen untuk mendukung BNN dalam setiap programnya memerangi narkoba di kota ini.
“Kami sangat mendukung BNN, ini bisa dilihat dari penyediaan sarana prasarana serta SDMnya, kami juga membantu pelaksanaannya dilapangan melalui lurah dan camat yang ada. Tidak hanya itu, seluruh SKPD kami pun berkomitmen memback up tugas BNN. Sehingga, tinggal BBN sendiri saja lagi, yang menyusun programnya untuk menangani penyalahguna narkoba ini,” jelas Said.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi yang mengangkat tema ” Bergerak Bersama Untuk Mendukung Pemulihan Penyalah Guna Narkoba Melalui Rehabilitasi” ini melibatkan para Camat dan Lurah serta perwakilan dari Sekretariat di lingkup pemerintah kota Banjarbaru sebagai peserta.
Agenda Rapat Koordinasi kali ini didalamnya juga ada paparan dari 2 ( dua) pembicara, yakni Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah dengan materinya tentang peran Pemerintah Kota Banjarbaru Dalam Mendukung Rehabilitasi Bagi Penyalahguna Narkoba, dan Kepala BNN Kota Banjarbaru sendiri, dengan materinya tentang Kebijakan dan Program Pasca Rehabilitasi BNN Tahun 2020 – 2024. (RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.