2 Maret 2021

Perluas Layanan Kependudukan, Dukcapil Banjar Jalin Kerjasama Dengan Rumah Sakit

1 min read

Kepala Dukcapil Banjar Azwar melakukan penandatanganan MoU disaksikan Bupati Banjar Khalilurrahman dan Sekda Banjar Nasrunsyah.

BANJAR – Pencatatan Administrasi Kependudukan khusunya bagi usia 0 – 18 bulan di Kabupten Banjar masih jauh dari target nasional yang mencapai 85 persen, untuk itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar terus berupaya mendorong ketertinggalan agar bisa mencapai target nasional dengan melakukan kerjasam penandatanganan MoU dengan Rumah sakit Pelita Insani dan juga Rumah Sakit Mutiara Bunda Martapura Kabupaten Banjar pada senin lalu (22/4) yang disaksikan langsung Bupati dan juga Sekda Banjar.

Kepada Sejumlah wartawan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatam Sipil Azwar mengatakan kerjasama ini dilakukan guna memperluas layanan kependudukan kepada masyarakat khususnya terkait akte kelahiran. Menurut Azwar kerjasama ini disambut baik oleh para rumah sakit, dan kepada warga masyarakat yang melahirkan dirumah sakit yang bekerjasma dengan pihaknya akan diberikan akte kelahiran yang diproses secara online.

“Begitu orang tua dan bayi meninggalkan rumah sakit, mereka sudah mengantongi akte kelahiran, jadi bagi masyarakat yang melahirkan di rumah sakit tersebut dapat menyiapkan nama bayinya sehingga begitu lahir langsung di proses pembuatan akte kelahirannya,” jelas Azwar.

Azwar juga menyebutkan sebelumnya Dukcapil Banjar juga sudah melakukan kerjasama dengan rumah sakit lain dalam hal yg sama, diantaranya Rumah Sakit Ratu Zalecha dan Rumah Sakit Ciputra Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit Pelita Insani Gabriel Taufik Basri mengatakan sangat mendukung adanya program ini dalam mempermudah proses pencatatan Administrasi kependudukan.

“Kami menyambut baik atas kerjasama ini, kami akan prioritaskan sesaat begitu bayi itu dilahirkan kami akan langsung kirim datanya ke Dukcapil Banjar, agar cepat di proses sehingga memberikan kepastian tercatat sebagai warga negara Indonesia,” kata Gabriel. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.