5 Maret 2021

Pemkab Batola Sosialisasikan Kebijakan Pengelolaan Pasar Kepada Pedagang Pasar

2 min read

Kabid Perdagangan Kopperindag Batola Surono.

BARITO KUALA – Rabu (24/4) bertempat di aula Bahalap Pemerintah Kabupaten Barito Kuala melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan menyelenggarakan acara sosialisasi kebijakan pengelolaan pasar tahun 2019 di Kabupaten Barito Kuala, acara di pimpin oleh Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Rahmadian Noor dah dihadiri Kepala Dinas Kopperindag Kabupaten serta seluruh pedagang yang ada di pasar Marabahan.

Kepada Abdi Persada FM Kabid Perdagangan Dinas Kopperindag Batola Surono mengatakan pihaknya sengaja menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan kebijakan pasar dan ada beberapa hal yang dibahas dalam sosialisasi tersebut.

“Salah satunya tentang aktivasi bangunan pasar bertingkat, pengaktifan tersebut dilakukan karena di bangunan pasar diatas banyak yang tutup,” jelas Surono

Surono menambahkan, solusi yang dilakukan pihaknya untuk aktivasi bangunan pasar Marabahan adalah berupa pemindahan pedagang kain dan pakaian yang ada di bangunan bawah pasar untuk dipindah kebangunan atas, dan pedagang yang di bangunan atas akan dipindah kebangunan bawah.

“Sesuai dengan jenis dagangannya,” ucap Surono

Surono juga mengatakan hal tersebut dilakukan untuk bisa memfungsikan pasar, sebagaimana layaknya pasar.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Barito Kuala Rahmadian Noor mengatakan, bahwa pengelolaan pasar tersebut merupakan aktivitas penempatan bangunan pasar bertingkat dan zonasi pedagang pasar marabahan sebelah barat, hal ini dilakukan agar penataan pedagang nanti seragam. Misalnya dibangunan atas khusus barang dagangan ringan dan yang dibangunan bawah khusus barang dagangan berat.

“Penempatan zonasi yang baru, telah disepakati akan berjalan setelah lebaran,” jelas Rahmadian Noor

Rahmadian berharap, pasar benar-benar bisa menjadi pusat aktivitas ekonomi masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian khususnya di Marabahan.

Sementara itu dilokasi yang sama, Kabid Ketertiban Umum dan Penertiban Masyarakat Satpol PP Batola Agus Supriadi mengatakan pihaknya siap melaksanakan penertiban peletakan pedagang sesuai kesepakatan yang ada dengan langkah yang persuasif dan akan terus berkoordinasi dengan Disperindag Batola.

Agus berharap para pedagang bisa menaati peraturan, ketentuan, serta kesepakatan yang ada, dan kerjasama seluruh dinas terkait agar pasar tersebut bisa menjadi tertib dan layak untuk di kunjungi.(TR01/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.