13 April 2021

Pasca Pencoblosan, Parpol Lama Klaim Masih Perkasa

1 min read

Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel, Supian HK

BANJARMASIN – Perhitungan perolehan suara Pemilu baik Pileg maupun Pilpres masih berlangsung oleh Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Kecamatan. Meski demikian, sejumlah Partai Politik (Parpol) besar mengklaim akan tetap berkuasa dalam hasil Pemilihan Legislatif tahun ini.

Misalnya Partai Golkar, mereka mengaku optimis kembali merebut posisi Ketua DPRD Kalsel Periode 2019-2024. Menyusul bertambahnya jumlah kursi dari 13 menjadi 16 hingga 17 kursi.

Menurut Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel, Supian HK, data ini berdasarkan perhitungan yang masuk tabulasi internal mereka. Meski gagal meraih target, namun sudah cukup menjadi pemenang di Banua.

“Hasil sementara menunjukkan ada beberapa kabupaten/kota yang mengalami kenaikan dan penurunan perolehan suara tapi tak mempengaruhi posisi Golkar untuk mendapatkan jatah kursi pimpinan,” jelasnya.

Supian menambahkan sebagian yang berpeluang terpilih diantaranya wajah-wajah lama dan para petahana. Sisanya merupakan Caleg Pemula.

Klaim serupa juga diungkapkan Sekretaris DPW PKB Kalsel, Hermansyah. Merujuk hasil perhitungan internal dan pantauan perhitungan petugas KPU tingkat kecamatan, menurutnya partainya mengalami pasang surut.

“Perolehan suara di kabupaten kota sebagian terdapat kenaikan dan juga ada mengalami penurunan. Untuk DPRD Provinsi diprediksi aman dengan komposisi jumlah kursi sama seperti pemilu sebelumnya. Sedangkan DPR RI, satu dapil dapat namun dapil lainnya masih diperjuangkan,” jelasnya.

Pantauan sementara, perolehan suara terbanyak masih didominasi partai besar seperti PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, PKS, Nasdem dan PPP. Mereka masih tampak perkasa dalam pemilu kali ini. Sedangkan parpol baru belum menunjukkan perolehan suara yang signifikan. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.