13 April 2021

Peringati Hari Kartini, Sambang Lihum Gelar Apel Spesial

2 min read

Staf perempuan RSJ Sambang Lihum masih menggunakan kebaya saat melakukan flash mob pada Senin (22/04).

BANJAR – Pemandangan tidak lazim, tampak di halaman Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum pada Senin pagi (22/4). Upacara bendera pagi itu, seluruh petugas hingga pemimpin dan pembinanya adalah wanita, dengan berpakaian serba kebaya. Ya, inilah suasana perayaan Hari Kartini di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Tradisi itu kembali dijalankan tahun ini, meski telat satu hari dari perayaannya, karena jatuh pada hari Minggu. Karena itulah, peringatannya baru dilaksanakan pada Senin (22/4).

Kepada Abdi Persada FM, salah seorang staf di RSJ Sambang Lihum Lastrie mengatakan, tahun ini tradisi perayaan Hari Kartini kembali dilanjutkan. Yakni dengan memakai kebaya, dan para staf wanita menjadi petugas upacara.
“Hanya saja tahun ini, kebetulan peringatannya juga berbarengan dengan peresmian Taman Penyembuh Mandiri Jendela Jiwa. Jadi terasa lebih istimewa. Apalagi tadi kami juga melakukan flash mob, dan masih dengan kebaya lengkap,” jelasnya.

Sementara itu, kepada Abdi Persada FM, Direktur RSJ Sambang Lihum I Bagus Gde Dharma Putra mengatakan, tradisi tahunan ini rutin digelar, untuk memperlihatkan bahwa tidak ada perbedaan perlakuan antara staf perempuan dan staf laki-laki, di rumah sakit milik pemprov Kalsel ini. Staf perempuan memiliki derajat yang sama dengan staf pria.
“Peringatan ini adalah sebagai wujud penghargaan kami kepada perempuan yang bekerja di Sambang Lihum. Bahwa mereka juga dihargai sama seperti staf laki-laki, dan mereka juga berdaya serta memiliki kemampuan yang setara. Bentuk penghargaan ini juga tentunya berdampak pada kemajuan pelayanan di rumah sakit, karena seluruhnya akan bekerja maksimal setelah merasa diperlakukan setara. Itulah wujud dari kesetaraan gender,” jelasnya.

Di RSJ Sambang Lihum ini, jumlah staf perempuan jauh lebih banyak dibanding laki-laki. Sehingga tidak berlebihan jika kinerja baik yang diperlihatkan RSJ Sambang Lihum selama ini, tidak lepas dari peran serta para perempuan yang bekerja didalamnya. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.