NewsProvinsi Kalsel

Kementerian LHK Sambut Baik Pembentukan Raperda Revisi Perda Nomor 1/2008

BANJARMASIN – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyambut baik pembentukan Raperda Revisi Perda Nomor 1/2008 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalsel. Hal itu disampaikan Ketua Pansus Raperda Revisi Perda tersebut, Suripno Sumas, sekembalinya dari konsultasi ke Kementerian LHK di Jakarta, belum lama tadi.

“Karena dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah maka Perda Nomor 1/2008 tersebut sudah tidak sinkron lagi dengan peraturan perundang-undangan yang baru,” katanya.

Menurut Suripno, pelaksanaan tugas atau tupoksi dalam Perda Nomor 1/2008 tersebut tidak memuat hal-hal yang terkait dengan tugas-tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bidang Damkar Satpol PP dan Badan Restorasi Gambut. Hal ini disebabkan karena tiga instansi tersebut belum terbentuk pada saat Perda Nomor 1/2008 diterbitkan.

“Pihak Kementerian menyatakan menyambut baik rencana Pansus untuk membentuk Raperda Revisi Perda Nomor 1/2008 ketika Pansus melakukan konsultasi dengan mereka. Karena Pansus ingin melibatkan beberapa instansi terkait di dalam Raperda tersebut,” jelasnya.

Sehingga ke depan terwujud sinergitas dan koordinasi antar instansi-instansi terkait dalam rangka melaksankan tugas penanggulangan karhutla. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat