BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Belum Tahu Cara Mencoblos? Datang Saja Ke Sini

BANJARMASIN – Tidak terasa, Pemilu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Besok tepatnya Rabu (17/4), setiap warga negara yang mendapat undangan atau formulir C6 sudah dapat memberikan hak suaranya di TPS-TPS yang sudah ditentukan. Sebagai pemilih, tentunya sudah memiliki wakil rakyat yang akan dicoblos, untuk menjadi anggota dewan tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. Selain itu juga harus memilih anggota DPD RI serta presiden dan wakil presiden.

Namun bagaimana jika masih ada pemilih yang bingung bagaimana cara mencoblos? Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun terus menggencarkan sosialisasi terkait tata cara pencoblosan, hingga H-1 pemilu, pada Selasa (16/4). Salah satunya dilakukan KPU Kalimantan Selatan, dengan memasang baliho atau spanduk di trotoar depan kantornya jalan Ahmad Yani kilometer 3,5 Banjarmasin. Cara ini ternyata efektif memberikan informasi soal tata cara mencoblos kepada masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas. Terbukti sejumlah pengendara roda dua, sengaja menepikan kendaraannya demi mempelajari lebih lanjut tata cara tersebut.

Salah seorang diantaranya adalah Jumiati, warga Banjarmasin Barat yang ditemui Abdi Persada FM, tengah asyik membaca setiap informasi yang disampaikan baliho di depan kantor KPU Kalsel tersebut. Jumiati mengaku, dirinya masih belum mengerti bagaimana mencoblos yang benar, khususnya untuk memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Kalau surat suara untuk presiden dan DPD kan ada fotonya. Tapi kalo anggota dewan kan hanya ada deretan nama-nama saja. Saya takut salah mencoblos. Untungnya ada baleho ini, jadi saya merasa sangat terbantu. Apalagi penjelasannya lumayan dapat dimengerti,” jelasnya saat ditanya.

Masih dengan mengenakan helmnya, Jumiati juga mengatakan, bahwa dirinya siap untuk menghadapi pemilu besok. Meskipun secara jujur diakuinya, tidak begitu mengenal sosok caleg yang akan dipilihnya.

“Mungkin mereka sudah melakukan sosialisasi di kampung saya. Tapi sayanya yang sibuk bekerja, jadi tidak tahu. Tapi yang penting saya besok siap memilih. Apalagi tahun ini, bos memberikan libur sehari penuh, tidak seperti pemilu lalu hanya setengah hari saja liburnya,” tutupnya.

Selain memasang baliho di depan kantornya jalan Ahmad Yani, KPU Kalsel juga melakukan sosialisasi keliling menggunakan mobil bak terbuka, ke sejumlah ruas jalan di Banjarmasin pada Selasa (16/4). Mulai dari kawasan kota, ke arah Kayutangi, kilometer 6, Fly Over dan berakhir di kantor KPU Kalsel, semuanya dilakukan demi mensukseskan Pemilu 2019. Dan tentunya untuk meraih target angka partisipasi pemilih hingga 77 persen lebih. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat