BanjarbaruNews

Rapur Istimewa Harjad Banjarbaru Ke-20, Walikota Beberkan Perkembangan Pembangunan Kota

BANJARBARU – Senin (15/4) di Aula Paripurna gedung DPRD Kota Banjarbaru berlangsung Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Banjarbaru tahun 2019.
Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah. Seperti agenda kebanyakan, rapat kali ini dimulai dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di rangkai dengan Mars Kota Banjarbaru.
Dalam Rapat paripurna Istimewa kali ini, sebelum mempersilakan Walikota Bajarbaru menyampaikan perkembangan pembangunan kota Banjarbaru, Iwansyah terlebih dahulu menyampaikan tentang gambaran kinerja DPRD kota Banjarbaru dalam kurun keanggotaan periode 2014-2019, mengingat tahun ini merupakan tahun terakhir periode pihaknya melaksanaakan tugas sebagai anggota DPRD periode tersebut.

“Selama kurun waktu 4,5 tahun ini, kami telah menyelesaikan pembahasan dan pembuatan 72 buah Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda. Ini terdiri dari 48 buah Perda baru dan 24 buah Perda perubahan, yang 10 diantaranya meupakan Perda Usul Inisiatif DPRD kota,” jelasnya.
Selanjutnya, Rapat Paripurna Istimewa kali ini diisi oleh Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan jaya setiawan yang menyapaikan Sejarah Singkat Berdirinya Pemerintah Kota banjarbaru yang dilanjutkan dengan penyampaian Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani tentang perkembangan pebangunan kota ini.
Disampaikan Walikota Banjarbaru, dari tahun ketahun terjadi peningkatan di kota Banjarbaru ini, baik dari Indeks Pembangunan manusianya (IPM), kawasan kumuh, maupun pertumbuhan ekonominya.

“tahun 2018 lalu, IPM kita sudah mencapai 79 dari tahun sebelumnya yang berada pada angka 78,65. Untuk kawasan kumuh, tahun 2018 kita sudah turun diangka 100, dari tahun 2017 alu yang masih berada pada angka 183,34. Sementara pertumbuhan ekonomi kita mengalami kenaikan, bila di tahun 2017 berada pada angka 69,6, tahun 2018 tadi kita sudah bisa mencapai angka 7. Bukan kah ini menunjukkan peningkatan di kota Banjabraru ini,” jelas Nadjmi.
Nadjmi juga menyampaikan, kota Banjarbaru sudah Meraih Opini WTP Dalam Pengelolaan Keuangan 3 kali Berturut-turut, Nilai SAKIP Naik Menjadi B Gemuk,Kepatuhan Terhadap Standar Layanan Publik Zona Hijau dengan Nilai 93.
Tidak hanya itu, Nadjmi juga menyampaikan keberhasilan kota ini dalam meningkatkan APBD, PAD, Dana Perimbangan dan lain-lain pendapatan yang sah.

“pembangunan di berbagai bidangpun kita lakukan, seperti dibidang pendidikan, kesehatan, pariwisata dan sosial keagamaan, seperti yang baru-baru tadi, kita berhasil medonasi Banjarbaru peduli lombok terkumpul hingga Rp1.620.413.900,” ungkap Walikota.
Bukan itu saja, keberhasilan kota ini dalam meraih penghargaanpun dibeberkan Nadjmi.
“Ditahun 2018 kita Alhamdulillah berhasil memperoleh 17 penghargaan diantaranya, SAKIP Predikat B Dengan Nilai 63,28,
Opini wajar tanpa pengecualian tahun ketiga dari bpk ri, bakti koperasi dan ukm,kota layak anak,manggala karya kencana, nata mukti nindya, nasional procurement award kategori komitmen penerapan standar lpse 2014, top 25 pengelola pengaduan pelayanan publik, pendukung kur terbaik, kepatuhan terhadap standar pelayanan, anugerah paharita ekapraya, dan beberapa penghargaan lainnya,” ucap Nadjmi dengan rasa syukur.
Hadir dalam acara ini Mantan Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Said Abdullah beserta istri, Wakil Ketua dan anggota DPRD kota banjarbaru beserta istri/suami, Komandan Distrik Militer 1006/Martapura beserta istri, Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru Ketua Pengadilan Negeri Banjarbaru, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarbaru, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Dinas beserta Kepala Bagian di lingkungan pemerintah Kota Banjarbaru, Camat dan lurah se Kota Banjarbaru, pimpinan partai politik, organisasi kemasyarakatan beserta organisasi profesi, dan para undangan. (RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat