BanjarNews

Padang Panjang Wakili Banjar Ketingkat Provinsi

BANJAR – Pemerintah kabupaten Banjar memberikan hadiah kepada 5 desa, sebagai juara lomba desa tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2019.
Hadiah ini diserahkan langsung oleh Bupati Banjar Khalilurrahman, usai pelaksanaan apel gabungan lingkup pemerintah kabupaten Banjar Senin (15/4) bertempat di halaman sekretariat daerah kabupaten Banjar.

Terpilih sebagai juara pertama dalam lomba desa yang diikuti oleh seluruh desa di 20 kecamatan kabupaten Banjar ini, desa Padang panjang kecamatan Karang Intan, disusul desa Pekauman dalam sebagai juara kedua dan ketiga desa Pematang panjang Kecamatan Sungai Tabuk.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Banjar Aspihani, menjelaskan, lomba ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015, lomba desa ini disebut juga dengan evaluasi perkembangan desa dengan 3 kriteria penilaian yaitu Pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.
“Penilaian dilakukan oleh kecamatan, kemudian masing-masing kecamatan mengajukan satu desa sebagai unggulan, dilanjutkan kabupaten membentuk tim untuk mencari 5 desa unggulan untuk menentukan nominasinya” jelasnya.

Aspihani juga menjelaskan, desa yang mendapatkan juara pertama nantinya akan kembali diikutsertakan dalam lomba desa tingkat provinsi bersaing dengan kabupaten yang lain pada 19 Mei 2019 mendatang.
“Selain tropi, desa yang meraih juara khusunya juara pertama juga mendapatkan uang pembinaan sebagai bentuk support untuk mengikuti lomba ditingkat provinsi,” pungkasnya. (ASC/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat