3 Maret 2021

Masa Tenang, Waktunya Bagikan Formulir C6

1 min read

Ketua KPUD Kalsel saat ditemui dikantornya.

BANJARMASIN – Masa tenang bagi peserta pemilu, berarti tidak melakukan kegiatan kampanye. Namun beda masa tenang bagi pemilih, dimasa tenang selama 3 hari sejak Minggu (14/4) hingga Selasa (16/4) inilah, mereka harus memastikan telah mendapat undangan untuk mencoblos pada Rabu (17/04) nanti.

Undangan berupa Formulir C6 itu, sesuai arahan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Selatan sudah harus dibagikan petugas KPPS (Kelompok Penyenggara Pemungutan Suara) di masing-masing daerah. Lalu bagaimana jika pemilih belum mendapatkan undangan atau Formulir C6 hingga saat ini? Apalagi portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id secara resmi ditutup oleh KPU sejak beberapa hari lalu. Padahal portal ini memuat Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan lokasi memilih pada 17 April nanti.

Menurut ketua KPUD Kalsel Sarmudji, warga yang telah masuk dalam DPT, tidak perlu merasa khawatir atas tertutupnya portal website itu. Karena pihaknya telah mendistribusikan formulir C6 ke petugas KPPS, dan pada masa tenang ini undangan itu akan dibagikan.
“Jadi warga yang ingin menggunakan hak pilihnya dapat langsung bertanya ke petugas KPPS, jika belum mendapat formulir C6 hingga H – 1 pencoblosan,” jelasnya saat ditemui dikantornya kawasan jalan Ahmad Yani Banjarmasin.

Sarmudji mengatakan, formulir C6, merupakan bukti undangan pemberitahuan memilih, agar warga yang tercatat dalam DPT dapat memberikan hak suaranya sesuai lokasi TPS. Di dalam formulir C6, termuat informasi seperti yang tercantum dalam website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id serta sesuai dengan DPT yang dikeluarkan KPU.

“Misalnya data seperti nama pemilih, tempat memilih dan waktu untuk menggunakan hak suaranya di TPS terhitung sejak pukul 7 pagi hingga 1 siang,” jelasnya lagi. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.