15 April 2021

Sukseskan Pemilu, KPU Banjar Gelar Simulasi

2 min read

Saat Proses Simulasi yang digelar KPU Kabupaten Banjar berlangsung.

BANJAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menggelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS sebagai persiapan menjelang Pemilihan Umum 17 April Mendatang.

Simulasi dilakukan pada Sabtu (13/4) hingga akhir pekan tadi, di Halaman Gedung Juang Martapura Kabupaten Banjar. Simulasi dibuka oleh Bupati Banjar yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Zainuddin dan dihadiri Forkopimda Kabupaten Banjar serta menghadirkan 100 orang petugas KPPS wilayah Martapura.

Ketua KPU Kabupaten Banjar Muhaimin saat di wawancarai disela-sela Simulasi.

Kepada sejumlah Wartawan Kepala KPU Banjar Muhaimin mengatakan simulasi ini sebagai pengetahuan, pencermatan dan juga pencerahan kepada semua pihak terkait dan elemen masyarakat untuk dapat mensukseskan pemilihan umum Rabu 17 April Nanti.

Untuk tahapan simulasi yang dilakukan, Muhaimin menjelaskan yakni dari petugas TPS dan KPPS tiba lebih awal di pos-posnya, kemudian dilakukan pemeriksaan kotak suara dan surat suara oleh para petugas untuk memastikan kotak suara steril dan surat suara tidak rusak, dan pengambilan sumpah janji para petugas TPS dan KPPS, proses pencoblosan hingga perhitungan suara yang disaksikan oleh para saksi-saksi.

“Simulasi ini dilakukan atau dipraktekan semirip mungkin atau sama dengan yang nantinya pada saat hari H nya, saya bersyukur simulasi ini telah berjalan dengan lancar,” kata Muhaimin.

Lebih lanjut Muhaimin juga menambahkan sebelum dilaksanakannya simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara oleh pihaknya, KPU Banjar pun juga sudah melaksanakan Bimbingan teknis atau Bimtek pemilu di setiap kecamatan dan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di setiap Kecamatan di kabupaten ini. Sehingga kegiatan simulasi ini merupakan tahap pemantapan atau pemantangan untuk persiapan ketika pemilu berlangsung. Pada akhirnya Muhaimin pun berharap, pemilu 2019 berjalan lancar. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.