3 Maret 2021

Pemko Banjarmasin Tingkatkan Pelestarian Wadai Banjar

1 min read

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan istri Siti Wasilah tengah menikmati wadai Banjar dikawasan rumah Anno.

BANJARMASIN – Dalam rangka melestarikan wadai Banjar maka Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin menggelar Dialog Budaya Wadai Banjar, di rumah Anno Siring Piere Tendean, Minggu (14/4).

Dialog ini dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Dalam sambutannya Ibnu mengajak seluruh warga kota ini agar dapat melestarikan kue tradisional warisan pusaka datu, nini terdahulu.

“Dengan adanya dialog budaya wadai Banjar ini, mari kita lestarikan wadai-wadai Banjar di Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu telah mempatenkan wadai khas Kota Banjarmasin salah satunya adalah wadai Masubah. Menurut Ibnu, saat ini perkembangan kuliner wadai Banjar sudah cukup pesat. Karena pengrajin kuliner di kota Banjarmasin terus melakukan variasi terhadap wadai-wadai Banjar.

“Jika dulu kue Banjar hanya ada 41 macam, kini sudah ada sekitar sebanyak 80 macam lebih,” ungkap Ibnu.

Ibnu mengatakan, Pemerintah Kota Banjarmasin selalu memberikan dukungan, untuk pengembangan wadai Banjar di kota ini.

Sementara itu, Ketua Dekrasnada Kota Banjarmasin Siti Wasilah mengatakan, pihaknya mendukung pengembangan kuliner Banjar termasuk wadai di kota ini.

“Sebelumnya tahun lalu kami mengembangkan nasi astakona, maka tahun ini yang akan dikembangkan adalah wadai Banjar 41 macam,” tutur Siti Wasilah.

Sedangkan, Ketua Panitia Dialog Budaya Wadai Banjar Fatimah mengatakan, dialog ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, dengan menghadirkan narasumber diantaranya Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah, Guru Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin Gusti Masradiah, serta yang lainnya.
Dialog yang diikuti oleh 100 peserta ini juga dipamerankan kue 41 macam, untuk dikenalkan secara langsung kepada pengunjung Siring Piere Tendean, Kota Banjarmasin. (SRI/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.