13 April 2021

Paman Birin Janjikan Uang 30 Juta, Untuk Peraih Nilai UNBK SMA Tertinggi

2 min read

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kalsel saat memberikan keterangan pada wartawan.

BANJARMASIN – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat sudah berakhir pada Senin (8/4) lalu. Seluruh siswa kelas XII tentunya harap-harap cemas, menunggu pengumuman hasil UNBK tahun 2019 tersebut. Apakah lulus atau tidak. Semuanya tergantung pada hasil yang akan diumumkan pada pertengahan Mei 2019 nanti. Namun yang pasti, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan menjanjikan beasiswa prestasi, bagi siswa peraih nilai UNBK tertinggi di setiap kabupaten/kota. Tak tanggung-tanggung, uang 30 juta rupiah siap mendarat di rekening siswa peraih nilai terbaik. Sedangkan peraih nilai terbaik kedua dan ketiga, masing-masing mendapatkan uang sebesar 28 juta serta 26 juta rupiah.

Menurut kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kalimantan Selatan Muhammad Yusuf Effendi, setiap kabupaten/kota ada 3 orang penerima beasiswa prestasi tersebut. Yakni peraih nilai terbaik pertama, kedua dan ketiga.
“Khusus untuk SMA Banua Kalsel Bilingual Boarding School, juga mendapat beasiswa yang sama untuk tiga orang pernah nilai tertinggi UNBK,” jelasnya.

Sesuai perintah gubernur Kalsel Sahbirin Noor, menurut Yusuf, beasiswa prestasi ini diharapkan dapat menjadi jaminan bagi para siswa melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.
“Selain itu, tahun ini Paman Birin juga kembali memberikan beasiswa khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM, masing-masing satu orang untuk setiap kabupaten/kota. Setiap mahasiswa itu, akan mendapat beasiswa sebesar 100 juta rupiah. Uang itu untuk dana perkuliahan dan biaya hidup,” tambahnya lagi.

Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah, agar para lulusan Fakultas Kedokteran tersebut kembali mengabdi ke Banua.

Berdasarkan data dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi, pemberian beasiswa Fakultas Kedokteran ULM pada tahun ini, sudah memasuki tahun ketiga. Dimana setiap tahunnya dianggarkan dana sebesar 1,3 miliar rupiah untuk beasiswa 13 mahasiswa Fakultas Kedokteran. Itu berarti, hingga saat ini pemprov Kalsel sudab mengeluarkan dana sebesar 3,9 miliar rupiah demi kepentingan pendidikan tinggi ini. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.