13 April 2021

KPU Banjarmasin Gelar Simulasi Pencoblosan

2 min read

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto, saat memberikan komentarnya.

BANJARMASIN – Pelaksanaan simulasi ini sebagai bentuk sosialisasi kesemua lapisan masyarakat dengan menargetkan partisipasi pemilih sebesar 90 persen di kota ini.

Pelaksanaan simulasi dimulai jam 07.00 wita dan berakhir jam 13.00 wita. Rangkaiannya,  pemilih datang mendaftar membawa undangan ke petugas KPPS, kemudian mencoblos dibilik suara, lalu membuat surat suara ke dalam kotak suara. Pemilu kali ini ada 5 surat suara nantinya, yakni surat suara calon presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi Kalimantan Selatan dan DPRD kota Banjarmasin, diakhiri dengan mencelupkan jari ke dalam tinta. Dalam simulasi kali ini dilanjutkan pula dengan proses rekapitulasi penghitungan hasil suara ditingkat Tempat Pemungutan Suara atau TPS.

Plt Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur saat memberikan komentar pada media massa.

Plt Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur kepada wartawan mengatakan, simulasi ini mengundang perwakilan 15 partai politik peserta Pemilu 2019, PPS dan KPPS di 52 Kelurahan dan 5 Kecamatan, serta perwakilan Difabel, yang bertempat di halaman stadion 17 Mei Banjarmasin,   Selasa (9/4) pagi.

Menurut Makmur, simulasi ini penting dilakukan.

“Menjelang 8 hari Pileg dan Pilpres, simulasi sangat tepat dilakukan,” katanya.

Sementara itu pihak polresta Banjarmasin yang turut hadir diacara simulasi ini juga memastikan siap mengamankan Pemilu tahun 2019 ini dengan mesiagakan 2/3 kekuatan atau sebanyak 567 personel. Hal itu disampaikan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto dihadapan wartawan.

“Untuk pengamanan melibatkan unsur TNI sebanyak 240 personel, anggota Satlinmas Pemko Banjarmasin, dan akan diback up Polda Kalsel juga, yang semuanya akan disebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jumlahnya sebanyak 1.879 buah. Kami sudah siap untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga  yang ingin menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019,” ucapnya.

Sumarto berharap, semua masyarakat yang sudah terdata mempunyai hak pilih, hendaknya datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.