BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

UNBK MA di Kalsel Berjalan Lancar Tanpa Kendala

BANJARMASIN – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kalsel yang dimulai sejak 1 April 2019 berjalan berjalan lancar dan tanpa kendala. Pernyataan itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil)  Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalsel, Noor Fahmi usai melakukan monitoring di hari terakhir pelaksanaan UNBK di MAN 1 Banjarmasin, Senin (8/4). Menurutnya, pelaksanaan UNBK Madrasah Aliyah di Kalsel mencapai 100 persen. Dari 155 Madrasah Aliyah yang melaksanakan UNBK, ada 128 Madrasah Aliyah yang melaksanakan UNBK secara mandiri. Sementara sisanya 27 Madrasah Aliyah masih menumpang dengan sekolah lain.

“Sedangkan jumlah peserta ujian online mencapai lebih dari 10 ribu siswa Madrasah Aliyah se Kalsel,” katanya.

Fahmi menambahkan rata-rata UNBK dilaksanakan dua hingga tiga sesi. Tergantung jumlah siswa peserta ujian serta sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Namun, ia tak merasa kuatir dengan pelaksanaan ujian online tiga sesi akan berdampak terhadap nilai peserta.

“Pihak sekolah sudah mempersiapkan mental dan psikologis kepada anak didik terkait kondisi tersebut,” jelasnya.

Fahmi berjanji pihak Kemenag akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelaksanaan UNBK di Madrasah Aliyah diantaranya dengan mengurangi sesi ujian dari tiga menjadi dua sesi. Hal itu tentunya dengan disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Banjarmasin, Naini Priantiana menyampaikan pelaksanaan UNBK selama empat hari yang dimulai sejak tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019 berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti, baik dari pasokan listrik maupun jaringan server. Meskipun pada hari terakhir ada satu siswa yang tidak mengikuti ujian online dengan alasan sakit dan nantinya akan mengikuti ujian susulan.

“Namun hal itu tidak menjadi kendala,” tegasnya.

Naini mengungkapkan tahun 2019 ini, jumlah siswa MAN 1 Banjarmasin yang mengikuti UNBK sebanyak 211 orang yang terbagi dalam tiga ruangan dan terdiri dari tiga jurusan yaitu IPA, IPS dan Keagamaan.

“Mudah-mudahan tahun ini, MAN Satu Banjarmasin akan mengulang tahun-tahun sebelumnya dimana para siswa lulus 100 persen dan banyak yang lulus SMPTN serta masuk di berbagai fakultas dan kejuruan,” harapnya.

UNBK di MAN 1 Banjarmasin berlangsung dalam dua sesi yakni sesi pertama jam 07.30 – 09.30 wita dan sesi kedua 10.30 – 12.30 wita. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat