13 April 2021

Batola Kini Miliki UPTD Balai Latihan Kerja

2 min read

Bupati Batola Noormiliyani saat membacakan sambutannya.

BARITO KUALA – Kamis (4/4), bertempat di depan halaman Aula UPTD Balai Latihan Kerja, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menyelenggarakan Peresmian balai tersebut sekaligus pembukaan program kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun 2019.

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Barito Kuala mengatakan BLK merupakan sarana yang mempunyai peran pentingĀ  untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil.

“Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, BLK punya peranan itu,” ucap Noormiliyani

Noormiliyani menambahkan hal tersebut sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Barito Kuala tahun 2017-2022 untuk menciptakan Barito Kuala Satu Kata Satu Rasa, Membangun Desa Menata Kota, Menuju Masyarakat Sejahtera (Batola Setara).

Sementara itu Kepala Disnakertrans Barito Kuala Hasbi menjelaskan BLK di Batola mempunyai tiga bangunan baru di Komplek KTM Cahaya Baru yang terbangun sejak 2010 dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang kemudian direhab melalui APBD Batola tahun 2018.

Hasbi menambahkan, akses jalan, infrastruktur, mess dan peralatan merupakan fasilitas dari Kemenaker DI dan Batola.

“BLK Batola memiliki beberapa jurusan seperti otomotif, pengolahan hasil pertanian, menjahit, dan teknologi informasi,” jelas Hasbi

Didalam acara yang sama, Kasubdit Pengembangan Kemitraan dan Pendanaan Direktorat Bina Lamlat Fitroh Hanrahmawan dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa kondisi ketenagakerjaan nasional secara umum pada Agustus masih belum beranjak dari angka kuning meskipun jumlah angkatan kerja berada di angka 67,26 persen dan tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 5,34 persen, yang secara kualitas tidak menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Untuk diketahui acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat pusat antara lain Anggota DPR RI Komisi V Abdul Latif Hanafiah, Pelaksana Tugas Sekretaris Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Sigit Mustofa Nurudin, Kasubdit Pengembangan Kemitraan dan Pendanaan Direktorat Bina Lamlat Fitroh Hanrahmawan, Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi Kementrian Ketenagakerjaan Helmiaty Basri, serta beberapa pejabat tinggi Kabupaten Barito Kuala yaitu Ketua DPRD Batola Hikmatullah dan beberapa unsur Forkopimda Batola. (TR01/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.