13 April 2021

Komisi II DPRD Kalsel Sinkronisasi Alokasi Lahan Rawa Dengan Kementan RI

1 min read

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Danu Ismadi Saderi.

BANJARMASIN – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan sinkronisasi mengenai alokasi lahan rawa untuk Program “Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani” (Serasi) ke Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Anggota Komisi II DPRD Kalsel, Danu Ismadi Saderi mengatakan Program Serasi ini merupakan program dari Pemerintah Pusat. Ada dua provinsi yang menjadi target Program tersebut yakni Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Masing-masing provinsi mendapatkan alokasi pengembangan lahan rawa ini seluas 250 ribu hektar. Namun, menurut Danu, dari hasil kunjungan Komisi II ke dalam daerah, yakni kabupaten Hulu Sungai selatan dan Kabupaten Tapin, beberapa waktu lalu, ditemukan kondisi yang tidak memungkinkan untuk memenuhi target yang telah ditetapkan.

“Sebagai contoh, Kabupaten HSS ditargetkan sekitar 30 ribu hektar. Sedangkan lahan rawa yang tersedia hanya sekitar 16 ribu hektar,” jelasnya.

Oleh karena itu, Komisi II DPRD Kalsel melakukan sinkronisasi dengan Kementerian Pertanian karena hal itu akan terkait dengan perencanaan desain lahan rawa tersebut.

“Kalsel hanya bisa menyediakan lahan rawa sekitar 150 ribu hektar. Sedangkan untuk 100 ribu hektarnya bisa dialihkan ke provinsi lain,” katanya.

Danu menambahkan, dari hasil konsultasi ke Kementan, beberapa waktu lalu, Pihak Kementerian akan mengalokasikan 100 ribu hektar lahan rawa untuk program Serasi ke provinsi Sulawesi Selatan. Namun, Danu menyarankan agar alokasi lahan rawa untuk memenuhi program serasi tersebut dialihkan ke provinsi tetangga yaitu Kalimantan tengah.

“Hal ini akan memudahkan pemerintah pusat membuat desain lahan rawa karena strukturnya mirip dengan Kalimantan selatan,” katanya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.