5 Maret 2021

2019, Dinas PUPR Kalsel Akan Bangun Jalan, Jembatan Dan Saluran Irigasi

1 min read

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

BANJARMASIN – Tahun 2019, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan akan membangun jalan, jembatan dan saluran irigasi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar. Dikatakan Roy pembangunan infrastruktur tersebut dilakukan secara bertahap, sesuai kebutuhan dan skala prioritas. Untuk tahun 2019 ini, menurutnya, pembangunan dibidang irigasi, seperti Bendungan Kinarum di Kabupaten Tabalong yang menggunakan dana APBD Provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan untuk pembangunan jalan Matraman – Sungai Ulin. Menurut Roy, akan ada jalan alternatif yang akan dibebaskan dan akan ditingkatkan pada tahun ini serta pembangunan tiga buah jembatan yang menghubungkan Jalan Matraman – Sungai Ulin yang direncanakan akan rampung pada tahun 2020.

“Kita akan meneruskan pembangunan jalan bebas hambatan antara Banjarbaru dan Batulicin yang ditargetkan bisa fungsional pada tahun depan,” katanya.

Selain jalan, jembatan dan irigasi, lanjut Roy, pada tahun 2019 ini, ditargetkan pembangunan kantor Bakeuda bisa rampung. Untuk pembangunan tugu nol kilometer di Banjarmasin, pada tahun 2019 ini, akan memasuki tahapan penyelesaian taman, dilakukan kajian amdal untuk pembangunan tugu nol kilometer dan Detail Engeenering Design (DED) untuk rencana pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) nya.

Roy menambahkan untuk pembangunan jalan, jembatan dan saluran irigasi tersebut dialokasikan anggaran APBD Provinsi sebesar Rp500 miliar. Sedangkan anggaran APBN yang mengucur langsung ke Dinas PUPR Kalsel untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sumber Daya Air Irigasi sebesar Rp31 miliar dan Bidang Jalan dan Jembatan sebesar Rp48 miliar.

“Termasuk melalui Balai Besar baik melalui Balai Jalan maupun Balai Sungai, anggaran APBN juga yang dialokasikan cukup besar ke Kalsel,” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.