BanjarmasinStreaming

KK Dan Akta Kelahiran Di Banjarmasin Pakai Sistem Barcode

Disdukcapil Banjarmasin Menjadi Role Model Pelayanan Publik Terbaik Di Indonesia

BANJARMASIN – Untuk menghindari pemalsuan terhadap Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran anak, maka mulai pekan ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin memberlakukan sistem barcode pada kedua jenis layanan mereka tersebut.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin Kota Banjarmasin Khairul Saleh, kepada sejumlah wartawan Jumat (29/3).

“Penggunaan sistem barcode pada Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran untuk warga Kota Banjarmasin,” ujar Khairul.

Menurut Khairul, penggunaan sistem barcode ini, untuk menghindari adanya pemalsuan terhadap KK dan Akta Kelahiran. Selain itu, dengan sistem barcode ini tidak perlu lagi menggunakan tanda-tangan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Dengan adanya sistem barcode ini, untuk memudahkan bagi warga Kota Banjarmasin yang ingin membuat KK dan Akta Kelahiran, ketika saya tidak berada ditempat, pelayanan tersebut tetap bisa berjalan,” tutur Khairul.

Khairul mengatakan, sistem barcode sudah diterapkan mulai pekan ini.

“Sedangkan, peluncurannya secara resmi akan dilakukan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina,” ucap Khairul.

Dalam kesempatan tersebut Khairul juga menyampaikan, mengenai Disdukcapil Kota Banjarmasin telah menjadi role model pelayanan publik terbaik di Indonesia.

“Pemerintah Pusat telah menetapkan 2 Kota di Indonesia menjadi role model pelayanan terbaik salah satunya Kota Banjarmasin,” ungkap Khairul.

Menurut Khairul, penetapan role model ini, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin dinilai telah berhasil memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada warga Kota Banjarmasin.

Khairul mengatakan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin, juga dinilai telah berhasil melakukan inovasi-inovasi terbaru dalam pelayanan. (SRI/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat