BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Renovasi Stadion 17 Mei Akan Segera Dilakukan, Karena Ini Bagian Dari Komitmen Gubernur

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel sudah menganggarkan melalui APBD Tahun 2019 sebesar Rp13 miliar untuk renovasi stadion 17 Mei Banjarmasin. Meski jumlah dananya belum ideal, tapi direncanakan rehab fisik bakal menggunakan sistem multiyears atau tahun jamak agar pembangunan perbaikan berkelanjutan sesuai keinginan. Namun gaung renovasi home base PS Barito Putera ini kadung tersebar sejak tahun lalu. Sementara hingga bulan ketiga tahun 2019 belum terlihat adanya pengerjaan. Hal ini pun menjadi tanda tanya masyarakat pecinta bola. Mereka mendesak Pemprov segera merealisasikan janjinya melaksanakan perbaikan karena kondisi stadion dinilai sudah tak layak lagi menggelar pertandingan profesional.

Menyikapi hal itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan perbaikan wajah stadion 17 Mei merupakan bagian dari komitmennya, yakni meningkatkan sarana olahraga di Banua, termasuk venue sepakbola. Pria yang akrab disapa Paman Birin ini mengaku sudah meminta instansi terkait segera melakukan kegiatan pelaksanaan. Menurutnya, laporan Dinas PUPR, tahapan sudah berjalan dan saat ini masih dalam proses lelang.

“Intinya saya mendukung penuh stadion kebanggaan warga Banua itu direnovasi, ” tegasnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan pihaknya sudah melakukan tahapan pembuatan desain untuk perbaikan renovasi Stadion 17 Mei tersebut. Menurutnya, anggaran desain dan konsultan perencanaan dialokasikan di Dinas PUPR Kalsel.

“Untuk desain, kami sudah melakukan kontrak pada 18 Maret 2019 lalu dan ditargetkan akan selesai pada akhir April 2019 mendatang,” jelasnya.

Roy menambahkan untuk pembangunan fisiknya akan dilaksanakan oleh pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel dengan alokasi anggaran sekitar Rp13 miliar termasuk anggaran untuk pengadaan gensetnya. Kemudian setelah desainnya rampung pada akhir April 2019 nanti maka selanjutnya lelang fisik.

“Mudah-mudahan di awal bulan Juni  2019 mendatang sudah teken kontrak sehingga pengerjaan renovasi bisa dimulai pelaksanaannya,” harapnya.

Untuk mempercepat proses desain, Dinas PUPR juga banyak melibatkan tenaga ahli, arsitektur, ahli struktur, ahli mesin elektronika dan pihak-pihak terkait misalnya Bartman (Fans Barito Putra), KONI, termasuk pihak  media agar diketahui apa saja yang dibutuhkan untuk perbaikan renovasi Stadion 17 Mei tersebut karena keterbatasan lahan tidak memungkinkan pengembangan stadion seperti stadion-stadion di luar negeri. (NRH/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat