8 Maret 2021

Kementerian DPDTT Janji Hitung Ulang Kekurangan Dana Desa Di Kalsel

1 min read

Suasana konsultasi Komisi I DPRD Kalsel dengan Kementerian DPDTT di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

BANJARMASIN – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Republik Indonesia berjanji akan menghitung ulang dan memenuhi kekurangan dana desa.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, Suripno Sumas di Banjarmasin, Kamis (21/3) mengatakan janji itu disampaikan ketika pihaknya melakukan konsultasi dengan Kementerian DPDTT, beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan kekurangan dana desa itu karena kurang akurasi atau ketidaksinkronan data penduduk pada desa setempat.

“Ketidaksinkronan atau akuratan data penduduk desa tersebut sebagai sebab akibat dari sumber yang berbeda,” katanya.

Sebagai contoh pada Kabupaten Tapin, Kalsel, penduduk setempat tercatat 181.000 jiwa, sementara data Kementerian DPDTT hanya141.000 jiwa, sehingga bantuan dana desa mereka kurang atau tidak sebagaimana mestinya. Pasalnya sesuai ketentuan bantuan dana desa tersebut pembaginya berdasarkan jumlah penduduk ssetempat.

“Oleh sebab itu, kita berharap agar akurasi data penduduk desa tetap terjaga, dan selalu ada pembaruan atau aktualisasi. Karena keakuratan data penduduk bukan cuma untuk bantuan desa, tetapi buat keperluan lain,” pungkas Suripno. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.