8 Maret 2021

Dinas PUPR Batola Siap Renovasi Pasar Induk Handil Bakti

2 min read

Kepala Dinas PUPR Batola Saberi Thanoor.

BARITO KUALA – Tahun 2019 ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Kuala siap melakukan renovasi terhadap pasar induk handik bakti.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas PUPR Batola Saberi Thanoor mengatakan pada saat penyusunan Rencana Kerja Anggaran tahun 2019 dan sudah pihaknya konsultasikan besaran dana yang diperlukan untuk merenovasi pasar induk handil bakti tersebut, yakni sebesar 2,5 milliar rupiah.  Namun karena keterbatasan dana yang dipegang PUPR Batola, akhirnya dana yang bisa dianggarkan haya sebesar 1,5 milliar rupiah saja.

“Pada saat penyusunan RKA tahun 2019, kita masukan  biaya yang diperlukan hingga penyusunan DAD, dan yang diperlukan sebesar 2,5 milliar, namun karena keterbatasan dana di kabupaten Barito Kuala di tahun 2019 yang dipegang oleh PUPR, akhirnya bisa dilaksanakan dengan dana sebesar 1,5 milliar,” ucap Saberi

Saberi menambahkan dalam waktu dekat  akan masuk tahap lelang, dan sudah di sahkan di Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ), paling lambat pada pertengahan Mei, pasar akan mulai di renovasi.

“InsyaAllah sebentar lagi lelang, jadi sudah selesai desain dan sudah disahkan oleh UKPBJ, jadi InsyaAllah paling lambat pertengahan Mei pasar akan di renovasi, dan selanjutnya untuk pembenahan PKL sudah ada SKPD yang lebih berkompeten untuk menanganinya, dan kami sudah menyiapkan loss dan kios untuk ditempati, jadi nantinya para PKL akan diminta dengan hormat untuk tidak lagi menggunakan posisi bahu jalan yang ada daerah jalur hijaunya. Pemindahan PKL tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kemacetan di Handil Bakti saat jembatan Sungai Alalak 1 ditutup,” jelas Saberi.

Saberi menambahkan renovasi pasar induk handil bakti akan selesai saat mendekati akhir tahun, dan para pedang akan mulai masuk berdagang di pasar induk saat akhir tahun nanti.

Saberi juga memberitahukan letak persis pasar Induk handil bakti yang sudah ramai karena masuk dalam jalur perumahan.

“Pasar induk letaknya di jalan menuju jembatan alalak 2 l, belok kiri, yang ada kawasan terminal dan di dalamnya sudah ada pasar. Tahap awal ini yang kita perbaiki adalah loss dan ruko termasuk akses jalan menuju kesana, dan lokasi tersebut sudah ramai karena masuk dalam jalur masuk perumahan,” pungkas Saberi. (TR01/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.