BanjarmasinNews

Perda Revisi Retribusi Yankes di Banjarmasin, Butuh Pembahasan Panjang

BANJARMASIN – Ada 12 item retribusi pelayanan kesehatan, dan kalau dibahas lebih detail ternyata hampir 100 buah untuk dilakukan revisi. Demikian yang disampaikan Ketua Pansus Revisi Perda Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan DPRD Kota Banjarmasin Mathari kepada wartawan. Mathari menjelaskan, dengan banyaknya revisi retribusi ini, tidak mungkin selesai akhir Maret, ditargetkan awal April baru finalisasi. Karena ternyata bab retribusi pelayanan kesehatan 10 halaman, dan dilakukan pembahasan satu persatu.

“Revisi Perda ini berpihak ke masyarakat agar tidak memberatkan dalam melakukan pengobatan,” katanya.

Mathari menginginkan, kehadiran Perda ini untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan, terlebih di Rumah Sakit Sultan Suriansyah yang rencananya yahun 2019 ini akn beroperasi.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Lukman Hakim saat menyampaikan pendapatnya dihadapan awak media.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Lukman Hakim menilai, revisi perda dilakukan untuk penyesuaian tarif saat ini. Mulai dari tindakan medis di Puskesmas yang tidak terakomodir, maka diatur nantinya di Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Banjarmasin ini. Hal ini tenu saja untuk mementingkan pelayanan, khusus bagi warga tidak mampu.

“Salah satu contoh pelayanan kesehatan satu item, contoh gigi, ternyata berbagai macam layanannya, mulai dari mencabut gigi, hingga membersihkan gigi,” ucap Lukman.

Dalam pembahasan pansus ini ternyata juga melibatkan perwakilan Dokter di beberapa puskesmas dan Bagian Hukum Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat