Barito KualaNews

Bawaslu Batola Masih Hati-Hati Untuk Tertibkan APK Yang Tidak Sesuai

BARITO KUALA – Kepada Abdi Persada FM, Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan Kabupaten Barito Kuala Ahdi Hanafiah menjelaskan kenapa sampai saat ini pihaknya belum menertibkan APK yang dipasang berlebihan di beberapa titik.

“Untuk APK yang sekarang banyak kita liat, kenapa kita tidak menertibkannya, karena ada beberapa hal yang harus kita samakan persepsi kalau dilihat di PKPU, APK terbagi menjadi dua jenis yaitu Baliho serta Spanduk dan memiliki ukuran yang sudah ditentukan. Tetapi untuk APK yang banyak terpasang di beberapa titik kami tidak dapat mengkategorikan perangkat tersebut masuk dalam APK berbentuk Baliho atau Spanduk, karena ukurannya yang tidak sesuai dengan ketentuan,” jelas Ahdi

Ahdi menambahkan perangkat yang ukurannya tidak sesuai dengan ketentuan ukuran baliho dan spanduk alat peraga kampanye, tidak bisa dikategorikan sebagai baliho atau spanduk, meskipun ada perangkat yang ukurannya sesuai tetapi jumlah pemasangannya tidak melebihi batas yang tentukan sehingga pihaknyaa menemukan kesulitan untuk melakukan penertiban. Maka dari itu untuk sementara masih belum dilakukan penertiban.

Ahdi juga mengatakan pihaknya juga sudah mempelajari definisi dari ukuran baliho dan spanduk di beberapa sumber.  Tetapi dari perangkat yang tersebut tidak ada yang sesuai dengan apa yang mereka pelajari.

“Kalau kita melihat definisi di beberapa sumber seperti internet, spanduk dan baliho yang banyak terpasang tersebut tidak memenuhi standar maka dari itu kami masih berhati-hati untuk melakukan penertiban,” ucap Ahdi

Ahdi menegaskan pihaknya tidak membiarkan hal tersebut. Hanya saja, pihaknya akan melakukan penertiban yang memang sesuai peraturan yang ada, dan apabila peraturan dilanggar pihaknya akan melakukan penertiban.

“Kita masih berhati-hati, bukannya kita membiarkan, kita akan melakukan penertiban sesuai aturan yang pihak lain langgar, maka dari itu apabila ada yang bertentangan dengan PKPU pasti kami tertibkan, tetapi untuk perangkat yang terpasang saat ini, dari pantauan kami tidak melanggar dari PKPU yang ada, karena ukuran yang tidak sesuai meskipun jumlahnya melebihi batas ketentuan,” pungkas Ahdi. (TR01/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat