BanjarbaruNews

Banjarbaru Peringati  HPSN di TPA Gunung Kupang

BANJARBARU – Bertempat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Kupang Banjarbaru, Pemerintah Kota Banjarbaru mengadakan Acara Hari Peduli Sampah Nasional, Rabu (6/3).

Acara tersebut dihadiri oleh Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah, Komandan Koramil 07 Banjarbaru Bahrudin, beserta seluruh jajaran Forkopimda Kota Banjarbaru dan tak ketinggalan Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarbaru Sirajoni.

Kepada Sejumlah Wartawan yang berhadir, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani menyampaikan tujuan diadakannya Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang dilaksanakan di TPA Gunung Kupang Banjarbaru tersebut yakni agar para Masyarakat Kota Banjarbaru bisa mengetahui dan memanagement pengelolaan sampah. “Peringatan Ini Spesial kita laksanakan dilokasi TPA Gunung Kupang dengan tujuan agar publik dan Masyarakat kita bisa memanagement pengelolaan sampah dengan benar, harus terpadu, dan harus bersama-sama,” ucap Nadjmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan hidup Kota Banjarbaru Sirajoni, menyampaikan TPA Gunung Kupang Banjarbaru setiap harinya menerima sampah dari Kota Banjarbaru sebanyak 104 ton.

“Di TPA Gunung Kupang ini perharinya menerima sampah kurang lebih dari 102 ton sampai dengan 104 ton perharinya,” tegas Sirajoni.

Untuk diketahui, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari, Kementerian Negara Lingkungan Hidup mencanangkan 21 Febuari 2006 sebagai Hari Peduli Sampah untuk pertama kalinya. Peringatan ini muncul atas ide dan desakan dari sejumlah pihak, untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa. Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah.  Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi. (TR02/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat