BanjarmasinNews

DPRD Banjarmasin Menyayangkan, Masih Ada Warga “Bebas” Membuang Sampah

BANJARMASIN – Kesadaran warga dalam membuang sampah sesuai waktu yang sudah ditentukan Pemerintah Kota tertuang dalam Perda masih rendah. Hal itu terbukti di jalan Veteran samping jembatan pramuka ternyata masih ada saja yang warga yang membuang sampah ke TPS pada jam yang dilarang, seperti misalnya jam 07.00 wita hingga  07.30 wita.

Ketua Komisi I DPRD kota Banjarmasin Muhammad Yamin, saat menanggapi sampah, masih adanya oknum warga membuang di TPS melanggar ketentuan Perda.

Menanggapi demikian, Ketua Komisi I dewan Kota Banjarmasin Muhammad Yamin menjelaskan, sesuai dalam Perda Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan, Kebersihan dan Pertamanan, jam membuang sampah ditentukan dari jam 20.00 Wita hingga jam 06.00 Wita. Hal itu dimaksudkan agar terhindar dari pencemaran udara kota di pagi hari, kemudian merusak estetika, bahkan kondisi ini berdampak pada akses macetnya lalu lintas tersebut, karena diluar jam tersebut termasuk jam sibuk warga.

Dinas Lingkungan Hidup Daerah khususnya Bidang Kebersihan diminta lebih intensif mensosialisasikan jam membuang sampah, serta memaksimalkan pengangkutan, supaya tidak meluber ke jalan, sehingga udara di Kota ini semakin bersih, segar, asri dan nyaman.

“Bentuk sosialisasi ke masyarakat, melibatkan Ketua RT dan Lurah setempat, harusnya intens dilakukan,” ucapnya.

Politisi Gerindra Kota Banjarmasin ini juga menambahkan, perlunya pengawasan lebih intens dari Satpol PP di lapangan untuk menegakkan Perda, yakni sanksinya kalau membuang sampah, diluar dari jam yang ditentukan, maka akan didenda sebesar Rp5 juta dan hukuman penjara 3 bulan. (NHF/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat