BanjarmasinNews

Ini Surat Suara Khusus Untuk Pemilih Difabel

BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, akan menjamin kerahasiaan tiga ribu surat suara pemilih, untuk penyandang disabilitas pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Sekretaris KPU Kota Banjarmasin Husni Thamrin kepada wartawan menjelaskan, surat suara untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra, akan menggunakan surat suara braille, sedangkan penyandang disabilitas lain, seperti tunadaksa, hanya dibantu keluarganya ke Tempat Pemungutan Suara atau (TPS). Saat ini 3 ribu penyandang disabilitas sudah mempunyai identitas yakni Kartu Tanda Penduduk.

“Para penyandang disabilitas di Kota ini, diupayakan memberi hak suaranya,” katanya.

Lebih lanjut Husni menjelaskan, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi menjelang pemilu, salah satunya merekrut relawan demokrasi dari semua kalangan masyarakat, dengan masa kontrak selama 3 bulan.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Rahmadiansyah menilai, pendampingan terhadap penyandang disabilitas harus sesuai dengan ketentuan berlaku, yaitu pendamping tidak boleh masuk ke dalam bilik suara. (NHF/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat