13 April 2021

Buku Tiga Tahun Membangun Kesehatan Siap Diluncurkan

2 min read

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah.

BANJAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar dalam waktu dekat ini akan meluncurkan buku yang berisi Tiga Tahun Membangun Kesehatan di Kabupaten Banjar selama kepemimpinan Bupati Banjar Khalilurrahman. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah Kepada sejumlah wartawan, Senin (25/2) usai Coffe Moorning di Aula Barakat Martapura.

Disampaikan Ikhwan, sektor kesehatan di kabupaten ini merupakan salah satu Visi/misinya Bupati Banjar, dan buku ini isinya adalah upaya-upaya bersama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Seperti menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan  meningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Banjar.

Ikwan juga mengatakan rencananya buku ini akan di sampaikan atau diluncurkan oleh Bupati Banjar Pada tanggal 17 Maret mendatang.

“Pembuatan buku itu terus kita siapkan hingga sekarang, kita sudah menyiapkan drafnya, nantinya buku ini akan di sampaikan atau diluncurkan Bupati Banjar pada 17 Maret mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut Ikhwan menambahkan buku ini nantinya akan disampaikan kepada masyarakat Kabupaten Banjar sesuai dengan petunjuk dari Bupati, agar masyarakat mengetahui upaya dari Pemerintah Kabupaten Banjar dalam menangani dan menanggulangi permasalahan kesehatan di kabupaten ini.

Ketika ditanya para awak media,  peningkatan apa yang dirasa cukup signifikan di tiga tahun kepemimpinan Bupati Banjar Khalilurrahman, Ikhwan pun menjelaskan, yang paling nampak terlihat diantaranya fasilitas kesehatan, seperti dari 24 Puskesmas yang ada 22 diantaranya sudah terakreditasi. Menurut Ikhwan Akreditasi merupakan bentuk komitmen bersama untuk menuju Puskesmas yang berkualitas. Pentingnya akreditasi Puskesmas guna mendukung program pemerintah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan tingkat kepuasan bagi masyarakat.

“ Target yang sudah kami capai 92 persen di RPJMD terakreditasi, sisanya tahun ini ada 2 Puskesmas yang Insya Allah mendapatkan akreditasi lagi, yaitu Puskesmas Aluh-aluh dan Puskesmas Sungai Tabuk 2,” paparnya.

Sementara itu, lebih jauh Ikhwan menjelaskan dari segi fisik  24 Puskesmas yang ada, hampir semua Puskesmas sudah diperbaiki. Memang diakuinya masih ada 3 Puskesmas yang harus dilakukan pembenahan.

Namun beban itu menurutnya bukan berada di Pemerintah Kabupaten Banjar, seperti Puskesmas Sungai Tabuk 1 yang masih dibawah Pelni, Puskesmas Aranio di bawah PLN dan Puskesmas Sambung Makmur yang lokasinya masih tidak memenuhi persyaratan.

Namun menurut Ikhwan, ini merupakan PR piihaknya .

“Saya  berharap ke depannya bisa membangun kembali Puskesmas yang berada di Martapura 2,” pungkasnya. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.