BanjarNewsProvinsi Kalsel

Gubernur: Kalsel Bagai Sehelai Kain dari Surga

BANJAR – Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Forum pengembangan pemberdayaan masyarakat pertambangan Kalimantan Selatan yang berlangsung pada Minggu (24/2) siang, di kawasan objek wisata Kiram Kabupaten Banjar berlangsung meriah.

Deklarasi Geopark nasional ini dibacakan langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, diikuti penggiat lingkungan, kepala daerah kabupaten kota di Kalimantan Selatan, forkopimda Kalimantan Selatan. Tak ketinggalan  personil Slank dan Inka Christie serta ribuan masyarakat pun turut serta pada acara ini.

“Kami masyarakat Kalimantan Selatan menyatakan,

  1. Bertekad menjaga dan melestarikan Geopark Nasional Pegunungan Meratus beserta seluruh geosite yang ada.
  2. Mendukung pengembangan geopark nasional pegunungan Meratus sebagai salah satu wisata geologi unggulan di Kalimantan Selatan, untuk meningkatkan perekonomian dan pelestarian lingkungan.
  3. Bertekad menjadikan geopark nasional pegunungan Meratus sebagai geopark internasional,” ucap Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam deklarasinya yang diikuti oleh ribuan masyarakat yang hadir.

Gubernur Sahbirin Noor juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung acara Deklarasi Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini.

“Acara ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah. Kita semua bersyukur hidup di Bumi Lambung Mangkurat. Karena Kalsel bagaikan sehelai kain dari surga,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Badan Pengelola Geopark Pegunungan Meratus, Nurul Fajar Desira menjelaskan, deklarasi ini merupakan momentum untuk melindungi dan melestarikan Pegunungan Meratus.

“Hari ini kita semua mendeklarasikan Geopark Pegunungan Meratus. Usai dinyatakan menjadi salah satu dari 19 Geopark Nasional 30 November 2018 lalu. Kedepan kami akan mengajukan Geopark Pegunungan Meratus ini menjadi Geopark dunia ke Unesco,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ada 36 total geosite di Kalimantan Selatan, yang masuk dalam Geopark Pegunungan Meratus yang membentang di 11 Kabupaten kota di Kalsel, dari Kabupaten Kotabaru sampai Kabupaten Tabalong. (ASC/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat