13 April 2021

DPRD Kalsel Dapat Menerima Dana Reses, Di Awal Pelaksanaannya

2 min read

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Sahdillah.

BANJARMASIN – Menghadapi masa reses, Anggota DPRD Kalsel mempertanyakan apakah boleh mereka menerima dana reses di awal pelaksanaannya. Pasalnya, dari daftar Garis Besar Jadwal Studi Komparasi DPRD Provinsi Kalsel, masa reses bagi para Pimpinan maupun Anggota DPRD Provinsi Kalsel terjadwal selama lima hari dimulai pada Minggu (24/2) hingga Kamis (28/2) dengan delapan lokasi atau titik pada masing-masing daerah pemilihan Wakil Rakyat Provinsi tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Sahdillah mengungkapkan persoalan tersebut mengemuka setelah Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kalsel melakukan studi komparasi ke DPRD DKI Jakarta, beberapa waktu lalu. Salah satu hal yang dibicarakan terkait pencairan dana reses. Dimana Anggota DPRD DKI Jakarta menerima dana reses di awal pelaksanaannya.

“Sedangkan untuk Anggota DPRD Kalsel menggunakan dana pribadi terlebih dahulu untuk biaya reses ke daerah pemilihannya masing-masing dan setelah pelaksanaannya baru melakukan klaim melalui Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel,” katanya.

Oleh karena itu, Komisi I DPRD Kalsel menggelar  rapat Gabungan yang terdiri dari  Perwakilan Komisi DPRD Provinsi Kalsel, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalsel dan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel untuk membicarakan hal tersebut.

Syaidillah menjelaskan, dari hasil rapat Gabungan tersebut disimpulkan, pihak Bakeuda tidak mempermasalahkan hal itu sehingga bagi

Anggota Dewan yang menginginkan dana reses diserahkan di awal masa reses dapat memenuhi administrasi di Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel sebelumnya. Namun pencairan dana reses di awal masa reses wajib mencantumkan rincian dan data yang jelas atas peruntukkan dana reses.

“Misal kalau kita pesan makanan di suatu desa, nah dirumah makan itu harus jelas yang dipesan berapa dan wajib ada NPWP nya,” jelasnya.

Pihak Bakeuda Provinsi Kalsel, menurut Politisi Partai Gerindra ini, sudah menyatakan siap dari sisi dana untuk pencairan hak dana reses para Anggota DPRD Provinsi Kalsel. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.