13 April 2021

Warga Banua Demo, Tolak Wacana Kunker Anggota Dewan Ke Luar Negeri

2 min read

Suasana aksi demo dihalaman Kantor DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (18/2/2019).

BANJARMASIN – Rumor kunjungan kerja (Kunker) 55 otang anggota DPRD Kalsel dan 11 orang staf Sekretariat Dewan ke luar negeri mendapat respon dari masyarakat. Sebagian warga dari sejumlah organisasi kemasyarakatan di Kalsel tersebut menolak wacana kunker ke luar negeri itu karena dinilai menghambur-hamburkan uang rakyat.

Penolakan ini disampaikan melalui aksi unjukrasa di halaman gedung DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (18/2).

Orator demo, Din Jaya menyatakan pihaknya tidak setuju jika kegiatan dilaksanakan saat suasana tahapan pesta Demokrasi berlangsung. Ia menilai tak tepat dalam kondisi saat ini para Legislator bepergian ke luar negeri karena asas manfaatkannya diragukan.

“Pada saat ini kita semua sudah tau masa jabatan Anggota Dewan akan berakhir. Karena kalau mereka tidak menjabat lagiĀ  lalu untuk apa ilmu yang didapatkan dari luar negeri tersebut,” katanya.

Aksi demo ini hanya direspon dua orang Wakil Rakyat Provinsi yakni Riswandi dari Fraksi PKS dan Suwardi Sarlan dari Fraksi PPP. Mereka bersedia menemui pengunjuk rasa guna meredam penolakan masyarakat.

Suwardi sarlan mengaku, pihaknya bersedia mempertimbangkan masukan masyarakat terkait wacana kunjungan kerja ke luar negeri ini.

“Jika asas manfaatnya untuk kepentingan daerah, kami siap turut menjalankan lawatan. Namun sebaliknya, kami siap tak ikut berangkat jika tak menguntung bagi Banua,” katanya.

Rencana kunker Pimpinan, Anggota dan Staf DPRD Kalsel ke luar negeri ini tak ditampik Wakil Rakyat. Sebelumnya Ketua DPRD Kalsel, Burhanuddin mengakui wacana ini, meski belum ditentukan negara tujuan, waktu keberangkatan dan jumlah yang berangkat. Sementara pihak Sekretariat Dewan menyebutkan dalam pagu anggaran sudah disiapkan Rp65 juta per orang bagi 55 wakil rakyat serta Rp40 juta per orang bagi 11 orang staf yang mendampingi. Sehingga total dana APBD yang dianggarkan hampir Rp4 miliar. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.