8 Maret 2021

Wow! Sampah Plastik Jadi BBM, Begini Ceritanya

1 min read

Abdul Wahab (ditengah) bersama siswanya saat menjelaskan mengenai mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM.

BANJARMASIN – Butuh waktu lima tahun bagi SMKN 5 Banjarmasin untuk menyelesaikan pembuatan mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM. Sedangkan ide awal dari pembuatan mesin ini, bermula dari keprihatinan Abdul Wahab salah satu guru jurusan mesin di SMKN 5 Banjarmasin, banyaknya sampah plastik di tempat tinggalnya yang berada di kawasan Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Abdul Wahab mengatakan, pihaknya para guru-guru di SMKN 5 Banjarmasin ini, diarahkan oleh Kepala Sekolah SMKN 5 Banjarmasin Syahril, untuk menginovasi sebuah mesin. Mengingat tujuan dari SMKN 5 ini untuk menciptakan siswa siswi yang siap bekerja.

“Sedangkan, ide awal dari pembuatan mesin pengolah sampah menjadi BBM ini bermula, karena rasa keprihatinan.  Saya bertempat tinggal dikawasan Kuin, banyak sampah di sana. Bahkan, jika memancing ikan di sungai, bukan ikan yang di dapat tetapi sampah plastik,” ungkap Abdul Wahab.

Bermula dari itulah, maka ia kemudian mencari di internet bagaimana membuat mesin pengolah sampah. Dan berkonsultasi kepada para ahli kimia, fisika, dan lainnya. Mengenai cara mengolah sampah plastik menjadi BBM.

“Setelah mendapatkan berbagaimacam masukan tersebut, maka saya menyerahkan hasil pemikiran ini ke SMKN 5 Banjarmasin,” ucapnya.

Ternyata, lanjut Abdul Wahab, pihak sekolah menerima usulannya tersebut, dan mulai mengerjakan idenya tersebut bersama dengan siswa siswi SMKN 5 Banjarmasin.

“Kami memerlukan waktu 5 tahun hingga mampu membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM ini,” pungkas Abdul Wahab. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.