6 Maret 2021

Persoalan Warga Kuin Cerucuk Terkait SHGB-SHM, Akhirnya Temui Solusi

1 min read

Wakil Ketua Dewan Kelurahan Kuin Cerucuk Sahrudin, didampingi Ketua RT.

BANJARMASIN – Permasalahan timbul saat Tahun 2017 lalu,  telah terjadi sebagian warga Kuin Cerucuk di RT 10 dan RT 11 Kecamatan Banjarmasin Barat, yakni mengajukan sertifikat hak milik pada Badan Pertanahan Nasional Kota, namun yang terbit sertifikat hak guna bangunan, sedangkan sebagian warga lain yang berdekatan mendapatkan sertifikat hak milik, otomatis menimbulkan kecemburuan.
Menurut Wakil Ketua Dewan Kelurahan Kuin Cerucuk Sahrudin kepada wartawan menjelaskan, dari hasil audeinsi bersama Komisi I Dewan Kota Banjarmasin, akhirnya mendapat solusi, yaitu 300 warga yang mendapatkan SHGB dari BPN, dalam waktu dekat, secara kolektif bisa dilakukan pengurusan status kepemilikan tanah menjadi hak milik.
“Sebelumnya warga bertanya-tanya dengan satu tetangga ke tetangga lain, lokasi berdekatan dan syarat yang sama, saat terbit surat menjadi berbeda,” ucapnya.

Kasi Infrastruktur Pertanahan BPN Didik Prasetyo Widiyanto.

Menanggapi hal itu Kasi Insfrastruktur Pertahanan BPN Banjarmasin Didik Prasetyo Widiyanto mengakui, terbitnya Sertifikat Hak Guna Bangunan ada mekanisme yang mengatur peningkatan menjadi hak milik, dengan syarat status kepemilikan lahan warga tidak melanggar perda Rencana Tata Ruang Wilayah atau RTRW serta penguasaan tanah sejalan dengan pokok Undang-Undang Agraria. Dengan demikian akan
diterbitkan Sertifikat Hak Milik tersebut.

Seperti diketahui, Komisi I DPRD Kota Banjarmasin melakukan audiensi di ruang rapat paripurna pada Jumat (15/02) bersama Ketua Rt, Camat Banjarmasin Barat,  Tata Pemerintahan dan Perwakilan Dinas Pekerbaan Umum Penataan ruang, acara dipimpin Ketua DPRD Kota Ananda, Ketua Komisi I Muhammad Yamin, Wakil Ketua Komisi I Abdul Muis, bersama 3 Anggota lain, Hairun Nisa, Musyaffa Zakir dan Tugiatno. (NHF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.