12 April 2021

Mesin Pengolah Sampah Jadi BBM SMKN 5 Menarik Perhatian Ibnu Sina

2 min read

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat melihat langsung mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM.

BANJARMASIN – Di tengah gencar-gencarnya Pemerintah Kota Banjarmasin memerangi sampah plastik. Hadir temuan dari SMKN 5 Banjarmasin, berupa mesin pengolah sampah menjadi BBM.

Ibnu mengatakan, temuan dari SMKN 5 Banjarmasin ini, tentunya kabar menggembirakan bagi Pemerintah Kota Banjarmasin. Dimana, saat ini pihaknya terus mengkampanyekan pengurangan sampah plastik di Kota Banjarmasin.

“Di tengah gencarnya Pemerintah Kota Banjarmasin memerangi sampah, dan kini hadir temuan dari SMKN 5 Banjarmasin ini, tentunya akan sangat bermanfaat bagi Kota Banjarmasin,” ungkap Ibnu, saat menghadiri Launching Mesin Pengolah sampah SMKN 5 Banjarmasin, Jumat (15/2).

Ibnu Sina mengaku salut kepada para siswa siswi SMKN 5 yang mampu membuat mesin pengolah  sampah plastik menjadi BBM.

“Saya sudah mencari kemana-mana ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, mesin pengolah sampah ini, ternyata siswa siswi SMKN 5 Banjarmasin yang bisa membuat mesin tersebut,” tutur Ibnu lebih lanjut.

Ibnu mengatakan, dari mesin pengolah sampah menjadi BBM ini, mampu memproduksi dari 10 kilogram sampah plastik dapat menghasilkan 6 liter Solar, 1,5 liter minyak tanah, serta 1 liter bensin.

Oleh karena itu, Walikota Banjarmasin ini ingin bekerjasama dengan SMKN 5 Banjarmasin, untuk bersama-sama perang terhadap sampah plastik.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel Muhammad Yusuf mengatakan, Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel memberikan dukungan terhadap inovasi yang dilakukan, oleh pelajar SMKN 5 Banjarmasin.

“Kami tentunya bangga dengan siswa dan siswi SMKN 5 Banjarmasin yang telah  mampu melakukan terobosan inovasi sehingga bisa membuat mesin pencacah sampah dan mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM ini,” ujar Yusuf.

Sedangkan, Kepala SMKN 5 Banjarmasin Syahril mengatakan, jika pihaknya terus mengajarkan kepada para siswa siswi mereka, untuk terus bisa berinovasi.

“Dan, hasilnya siswa siswi SMKN 5 Banjarmasin mampu membuat mesin pengolah sampah plastik menjadi BBM, mesin pencacah sampah, briket dan kompor briket,” ujar Syahril.

Selain melaunching mesin pengolah sampah, SMKN 5 Banjarmasin juga melaunching briket dan kompor briket. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.