NewsProvinsi Kalsel

DPRD Kalsel Cek Hasil Pengerukan Sungai Danau Panggang

BANJARMASIN – Komisi III DPRD Kalimantan Selatan melakukan pengecekan terhadap hasil pengerukan Sungai Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Kalsel, Jum’at (15/2/2019).

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel, Riswandi mengatakan pengecekan tersebut bagian dari tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat antara lain berupa pengawasan.
“Kami ingin memastikan apakah pengerukan tersebut sesuai dengan peruntukannya guna menunjang kelancaran transportasi air,” jelasnya.

Pasalnya, keberadaan Sungai Danau Panggang bukan hanya sekedar sebagai sarana dan prasarana perhubungan di perairan daerah sekitar, tetapi bisa juga mengakses ke provinsi tetangga yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng). Perairan daerah sekitar Danau Panggang HSU tersebut seperti kawasan rawa monoton Nagara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), rawa Muning Kabupaten Tapin, serta Sungai Buluh Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Selain itu, menurut Riswandi, yang tidak kalah pentingnya, keberadaan Sungai Danau Panggang untuk menunjang kelancaran angkutan hasil usaha perikanan masyarakat setempat yang mereka lakoni sejak lama.
“Fungsi lain dari Sungai Danau Panggang bisa sebagai pengendali banjir karena luapan air Sungai Balangan dan Sungai Tabalong,” katanya.

Oleh karena itu, Komisi III DPRD Kalsel perlu mengecek pelaksanaan normalisasi atau pengerukan Sungai Danau Panggang itu yang menggunakan APBD Kalsel 2018. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat