BanjarmasinNews

Tiga Tahun Ibnu-Herman : Launching Aksi Sejuta Bakul Purun

BANJARMASIN – Kepala Daerah Kota Banjarmasin saat ini, memang terkenal dengan komitmennya pada lingkungan hidup. Hal ini terlihat dalam visi dan misi yang diusung keduanya, yakni, Barasih wan Nyaman.

Oleh karena itulah, dalam peringatan tiga tahun Ibnu-Herman, mereka melaunching Aksi Sejuta Bakul Purun di dua pasar tradisional yaitu Pasar Teluk Dalam serta Pasar Pandu yang menjadi percontohan perbelakuan pelarangan penggunaan kantong plastik di kota ini.

Sedangkan, tema yang diambil dalam peringatan tiga tahun Ibnu-Herman yakni, Aksi Sejuta Bakul, Pengurangan Kantong Plastik di Pasar Tradisional Mewujudkan Kota Banjarmasin Barasih Wan Nyaman.

“Launcing sejuta bakul purun ini, bertujuan untuk mengurangi sampah plastik di Kota Banjarmasin,” ujar Ibnu, saat melauncing sejuta bakul purun, di Pasar Teluk Dalam, Kamis (14/2).

Menurut Ibnu, untuk bakul purun yang dibagikan di Pasar Teluk Dalam ini sebanyak 5 ribu buah.

Ibnu mengatakan, salah satu bahaya penggunaan bahan plastik bagi tubuh manusia yakni, berbagai macam penyakit seperti tumbuh pendek, kanker, dan lainnya, karena bahan plastik ini mengandung bahan berbahaya bagi tumbuh yang mengkonsumsi plastik tersebut.

Oleh karena itulah, Ibnu mengajak seluruh pengunjung di Pasar Teluk Dalam ini, agar tidak lagi menggunakan kantong plastik.
“Ibu-ibu yang berbelanja di pasar tradisional hendaknya jangan lagi menggunakan kantong plastik, mengingat bahaya penggunaan dari kantong plastik tersebut,” tutur Ibnu lebih lanjut.

Ibnu mengatakan, mengurangi kantong plastik atau diet kantong plastik, dilakukan demi kesehatan serta menjaga lingkungan di Kota Banjarmasin.

Untuk Aksi Sejuta Bakul Purun di Kota Banjarmasin ini, dilaksanakan pada 29 pasar tradisional. Sebagai bentuk sosialisasi pelarangan penggunaan kantong plastik di kota ini. (SRI/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat