2 Maret 2021

Sampah Dan Sungai Dikeluhkan Warga Kertak Hanyar, Kenapa Ya?

2 min read

Agus Perwakilan Warga Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.

BANJAR – Penanganan sampah dan banyaknya genangan air yang biasa ada di beberapa titik seperti di Kelurahan Kertak Hanyar 1 menjadi salah satu keluhan warga Kecamatan kertak Hanyar.

Demikian yang di sampaikan Agus Salah satu perwakilan warga Kecamatan Kertak Hanyar yang hadir dalam acara Musrembang di Kecamatan Kertak Hanyar, Rabu ( 13/2 ) di Aula Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Dikatakan Agus dirinya memberikan masukan atau saran terkait dengan pengelolaan sampah yang dinilainya masih kurang maximal. Menurut Agus baik terkait keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) maupun keberadaan angkutan sampah masih di rasa kurang sehingga masih banyaknya masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya seperti di tepi jalan A. Yani Kertak Hanyar, karena keberadaan TPS resmi didaerah ini sangat minim.

Lebih lanjut Agus mengatakan yang menjadi keluhan warga ketika terjadi hujan deras seperti di Kelurahan Kertak Hanyar 1 maka akan terjadi banjir, dan ini tentunya sangat mengganggu aktifitas warga, disamping bisa berakibat gatal-gatal juga membahayakan karena bisa terjadi konsleting listrik. Dirinya pun menginginkan adanya penanganan serius dari pemerintah daerah terkait pemetaan normlisasi saluran air di daerah Kertak Hanyar ini.

“Kesemuanya itu perlu ada penanganan yang lebih konferhensip dari semua lembaga terkait terhadap akar permasalahannya dan kalau perlu melibatkan pihak Swasta melalui program dana Corporate Social Responsibility ( CSR ), karena di Kertak Hanyar ini banyak perusahaan swasta yang dapat dilibatkan, dan ini kewenangan pemerintah daerah untuk mengarahkan perusahaan swasta dalam penanganan hal ini untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Agus pun berharap perencanaan pembangunan di Kecamatan Kertak Hanyar terkait infarstruktur tidak hanya sebagai wacana, namun adanya penanganan serius yang mengacu pada titik permasalahannya.

Sementara itu Camat Kertak Hanyar Harun Al Rasyid menanggapi keluhan warganya ini. Ia mengatakan, pihaknya telah menindak lanjuti keluhan tersebut dengan mengadakan pertemuan pada hari sabtu yang lalu ke beberapa pengembang perumahan seperti dengan Pengembang Perumahan Citra land dan juga Persada Mas untuk membicarakan penanganan sumbatan drainase, menurutnya hambatan pada drainase terjadi karena adanya beberapa pengembangan pembangunan perumahan didaerahnya.
“Pengembang pun merespon dengan baik untuk menindaklanjuti keluhan warga ini,” ujar Harun.

Namun juga yang menjadi keluhan warga, Harun menyampaikan, terkait dengan penanganan persampahan dan normalisasi saluran air di sepanjang jalan A. Yani Kecamatan Kertak Hanyar yang merupakan jalan negara sehingga perlu adanya koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Banjar agar dapat ditindak lanjuti dengan segera. Dan ini juga menurut Harun SKPD terkait, harus berkoordinasi dengan pihak PUPR Provinsi Kalsel karena ini merupakan jalan negara yang kewenangannya ada pada mereka, dirinya berharap dapat terakomodir. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.