13 April 2021

Kesbangpol Kalsel Mulai Petakan Potensi Konflik Jelang Pemilu 2019

1 min read

Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Adi Santoso ketika diwawancarai wartawan, di sela kegiatan sosialisasi di Banjarmasin, Kamis (14/2/2019).

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan mulai memetakan potensi konflik dan kerawanan di kabupaten/kota menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalsel, Adi Santoso kepada wartawan, disela kegiatan Sosialisasi Pemilu bagi Wartawan di Banjarmasin, Kamis (14/2). Tetapi, menurutnya, data peta potensi konflik tersebut masih bersifat rahasia.

“Suatu saat potensi ini bisa saja bergeser ke daerah lain tergantung fenomena di lapangan,” katanya.

Adi mengakui menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden sebagai agenda nasional ini memang berpotensi menimbulkan kerawanan konflik. Tapi kualitasnya untuk masing-masing daerah berbeda.
“Kalau di Kalsel, secara umum, cukup kondusif. Berbeda dengan di daerah lain di Indonesia. Tetapi kita tidak boleh lengah. Kewaspadaan tetap harus ditingkatkan,” katanya.

Dengan mulai dipetakannya potensi konflik di daerah masing-masing, diharapkan ke depan dapat diambil langkah-langkah penanganan bersama instansi terkait. Sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 bisa berjalan aman dan damai. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.