12 April 2021

DPRD Kalsel Bongkar Sistem Penilaian Fit And Proper Test Calon Komisioner KIP

2 min read

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas.

BANJARMASIN – Pelaksanaan Fit and Proper Test terhadap 15 orang Calon Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Kalsel Periode 2019 – 2023 berlangsung mulai 6 hingga 14 Februari 2019 secara bertahap. Hari pertama Rabu 6 Februari sebanyak dua peserta, hari kedua Kamis 7 Februari 2019 sebanyak tiga peserta, hari ketiga Senin 11 Februari 2019 dan hari keempat Kamis 14 Februari 2019 masing-masing lima peserta.
Dari 15 orang tersebut akan dipilih lima orang sebagai Komisioner KIP Provinsi Kalsel.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas menjelaskan untuk teknis pelaksanaan ujian, peserta satu persatu masuk ke ruangan Komisi I DPRD Kalsel dimana mereka akan diberi pertanyaan terkait visi dan misi mereka sebagai calon komisioner KIP, biodata masing-masing peserta serta kemampuan intelektual terhadap Perundang-undangan dan teknis kemampuan jika nanti terpilih sebagai anggota Komisioner. Kemudian 11 orang Anggota Dewan memberikan penilaian terhadap masing-masing peserta pada blanko yang telah disediakan.
“Kemudian blanko tersebut dikumpulkan dalam amplop yang diberi perekat dan dimasukkan ke dalam kotak agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Suripno menambahkan untuk bobot penilaian sama. Sedangkan teknisnya, karena Komisi 1 jumlahnya 11 orang dan tidak menutup kemungkinan ada yang tidak bisa hadir pada waktu pelaksanaan Fit and Propertest maka nilai pembagi itu sejumlah anggota komisi yang melakukan test.
“Misal hari pertama ada 9 orang anggota komisi maka nilai pembaginya 9. Hari berikutnya 11 orang anggota komisi maka nilai pembagian 11. Hasil tes itulah yang akan diakumulasi dan dirangking. Ranking 1 sampai 5 itulah yang terpilih sebagai komisioner KIP Kalsel Periode 2019-2023,” jelasnya.

Ditargetkan akhir Februari atau awal Maret 2019 mendatang, Anggota Komisioner KIP Kalsel terpilih sudah bisa disampaikan kepada Gubernur untuk mendapatkan legalitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.