4 Maret 2021

BNN RI Kukuhkan Desa Bersinar

2 min read

Saat acara pengukuhan Desa Bersinar berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

BANJAR – Kedatangan Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN ) RI Komjen Pol. Heru Winarko ke Kabupaten Banjar dalam rangka kunjungan kerja, sekaligus mengukuhkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) Tahun 2019 dan Tim Relawan Anti Narkoba dari 8 Kabupaten/kota di Kalsel yang dipusatkan di Kabupaten Banjar, Kamis (14/2) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini dihadiri langsung Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur serta Sekda Banjar Nasrunsyah.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang akrab di sapa Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Narkoba merupakan salah satu bencana yang masuk ke negeri ini, yang dapat merusak generasi-genarasi muda bangsa ini, menurut Sahbirin Noor berbagai macam cara bangsa lain untuk menghancurkan bangsa Indonesia, salah satunya melalui peredaran narkoba. Karena menurutnya Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah.
“Indonesia diibaratkan seperti sehelai kain dari syurga, sehingga menjadi incaran bangsa-bangsa lain, apalagi Kalimantan Selatan yang yang posisnya ditengah-tengah berada di jalur perdagangan bebas, sehingga mudah bagi bangsa lain memasukan peredaran narkoba untuk menguasai dan melemahkan rakyat kita, karena mereka sebenarnya tidak berani berperang secara langsung,” jelas Paman Birin.

Oleh karena itu Paman Birin sangat mendukung terbentuknya Desa Bersinar, karena melalui ini lah Kalimantan Selatan bisa terjaga dan terfilter dari peredaran Narkoba, dirinya berharap Desa Bersinar bisa terbentuk di semua Kabupaten/kota di Kal-sel.

Sementara itu Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur mengapresiasi atas kedatangan kepala BNN RI Komjen Pol Heru Winarko, dan Gubernur Kalimantan Sahbirin Noor ini ke daerahnya, yang sekaligus mengukuhkan Desa Tunggul Irang Ilir Kec. Martapura Kabupaten Banjar ditetapkan sebagai Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar).
Disampaikan Saidi Kehadiran Kepala BNN RI menjadi motivasi dan dukungan dalam memberantas narkoba di wilayah Kabupaten Banjar khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya.
“Kami sangat bersyukur Desa Tunggul Ireng Ilir menjadi salah satu Desa bersinar. Kami juga sangat menyambut baik terobosan Badan Narkotika Nasional RI dalam menggandeng Desa, melalui pengukuhan Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) pada kesempatan ini, sebagai upaya untuk mencegah sedini mungkin penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di masyarakat,” kata Saidi.

Saidi berharap agar seluruh unsur masyarakat dapat lebih berperan aktif dalam hal pencegahan peredaran narkoba yaitu dengan memaksimalkan membentuk relawan anti narkoba disetiap desa/kelurahan sehingga dapat meminimalisir penggunaan maupun peredaran gelap narkoba dilingkungan masyarakat.

Masih di tempat sama Kepala BNN RI Komjen Heru Winarko menjelaskan Kalsel merapakan salah satu daerah yang cukup tinggi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, dan diharapkan dengan dicanangkannya Desa bersinar akan menjadi salah satu upaya dalam memberantasan peredaraan Narkoba di daerah ini.

Turut hadir Kepala BNN Provinsi Kalsel, Forkopimda Banjar, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Para Kepala SKPD Banjar, Para Dir. Perusahaan Daerah, Para Kabag, Camat se-Kabupaten Banjar, Ketua MUI Banjar, KNPI Banjar, Banjar , Tokoh Masyarakat dan perwakilan Relawan Anti Narkoba, dari 36 desa dari 8 Kabupaten/Kota di Kalsel. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.