1 Maret 2021

Bawaslu Kalsel Temukan Oknum ASN Tidak Netral

1 min read

Komisioner Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah ketika diwawancarai wartawan di Banjarmasin, Kamis (14/2/2019).

BANJARMASIN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan menemukan beberapa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral.

Ditemui wartawan, Komisioner Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah tidak menampik hal tersebut, tetapi dia tidak menyebutkan jumlah pelanggaran dengan alasan lupa. Ia mengaku, pihaknya sudah menindaklanjuti dugaan pelanggaran ASN menghadapi pelaksanaan Pemilu 2019 ini dengan melaporkannya kepada Komisi ASN (KASN). Bahkan sudah ada beberapa putusan terhadap pelanggaraan ASN tersebut dengan kategori ringan dan sedang.
“KASN akan mengintruksikan kepada pejabat daerah untuk memberikan sanksi terhadap oknum ASN tersebut sesuai kategori pelanggarannya,” jelasnya.

Terkait dengan dugaan pelanggaran 10 orang ASN di Kabupaten Tabalong, Erna mengatakan kasusnya masih dalam kajian Bawaslu Kabupaten Tabalong. Setelah hasil kajian selesai, maka akan dilaporkan ke KASN untuk ditindaklanjuti apakah termasuk pelanggaran atau tidak.

Seperti diketahui, netralitas ASN dan aparatur desa diatur dalam pasal 282 dan pasal 283 ayat 1 dan 2 serta pasal 494 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Hukumannya bisa sampai ancaman pidana. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.