15 April 2021

56 Wadai Khas Banjar ada di SMAN 1 Banjarbaru

1 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, didampingi Harapan 1 dan 2 (tokoh dalam Mamanda), saat memberikan sambutan.

BANJARBARU – Kesan budaya begitu lekat pada perayaan puncak ulang tahun SMA Negeri 1 Banjarbaru yang ke 56.

Menghadirkan berbagai ornamen budaya khas Banjar, semakin lengkap dengan alunan musik panting pada setiap pergantian sesi acara.

Hadir dalam perayaan puncak SMA negeri tertua di Banjarbaru ini Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Ketua TP PKK kota Banjarbaru, kepala bidang SMA dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Kalimantan Selatan Muhammadun, dewan guru serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengaku sangat gembira dengan tema yang diangkat, menurut orang nomor 1 di Kalimantan Selatan ini, generasi muda sudah seharusnya mencintai budaya sendiri sebagai bekal menghadapi budaya luar. Terlebih paman Birin (sapaan akrab gubernur) juga menyoroti tentang di pamerkan nya 56 wadai (kue) khas banjar pada perayaan ini.
“Biasanya kan cuma 41, ini 56 wadai, sangat luar biasa, artinya Kalimantan Selatan begitu kaya terhadap budaya,” ucapnya.

Sementara itu kepala sekolah SMA negeri 1 Banjarbaru, Eko Sanyoto menjelaskan, dipilihnya tema budaya ini bertujuan untuk mengenalkan kepada generasi muda akan kayanya budaya yang dimiliki, sehingga akan tumbuh rasa cinta terhadap budaya sendiri.
Sehingga setiap rangkain kegiatan yang dilaksanakan selalu berkaitan dengan budaya.
“Semua kegiatan berkaitan dengan budaya, ada lomba tradisional seperti Balogo, ada juga membuat kue dari wadai khas Banjar, dan juga karnaval budaya,” terangnya.

Lebih lanjut Sanyoto menjelaskan, khusus dengan tersedianya 56 kue (wadai) khas Banjar ini pihaknya bekerjasama dengan guru dan siswa untuk mengumpulkan data-data dan kuenya. (ASC/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.