BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Target 2019 : Dukcapil Go Digital

BANJARMASIN – Dalam rangka memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil beserta seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) provinsi dan kabupaten/kota, terus meningkatkan kualitas layanan dengan menggunakan inovasi berbasis teknologi digital. Yakni dengan menggunakan tanda tangan elektronik (TTE), untuk menerbitkan dokumen akta kelahiran, akta kematian, surat keterangan pindah datang, serta kartu keluarga (KK) mulai tahun 2019 ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan budaya baru, dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, yaitu pola pikir dan cara kerja serba digital, melalui Dukcapil Go Digital.

Kepada Abdi Persada FM, kepala disdukcapil dan Keluarga Berencana (KB) provinsi Kalimantan SelatanĀ  Ardiansyah menjelaskan, pelayanan administrasi kependudukan secara daring, diatur dalam Permendagri Nomor 7 tahun 2019, yang merupakan landasan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, melalui pengembangan sistem administrasi kependudukan dengan menerapkan mekanisme pelayanan secara daring.

“Dengan sistem Go Digital ini, maka tidak ada alasan lagi dokumen kependudukan lambat diterbitkan, hanya karena posisi kepala dinas atau pejabat berwenang sedang tidak ada di tempat. Karena dengan Go Digital, maka pejabat tersebut dapat menggunakan tanda tangan elektronik,” jelasnya kepada Abdi Persada FM.

Masih menurut Ardiansyah, di Kalimantan, baru kota Balikpapan yang sudah menerapkan Go Digital. Sementara untuk provinsi Kalimantan Selatan, baru akan diusulkan pada APBD perubahan tahun 2019 nanti.

“Karena untuk Go Digital, diperlukan komitmen pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas pendukung. Terutama perangkat software dan hardware, untuk konektivitas digital disetiap kantor disdukcapil,” ujarnya.

Pelaksanaan Go Digital, juga dilakukan untuk Pejabat Struktural Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil provinsi serta kabupaten/kota. Yaitu proses pengusulan pemberhentian dan pengangkatan pejabat dukcapil daerah, juga akan dilaksanakan secara online. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat